Seleksi Capim KPK, Tim Pansel Akui Sering Digoda Parpol

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 28 Jul 2015 19:21 WIB
capim kpk
Seleksi Capim KPK, Tim Pansel Akui Sering Digoda Parpol
Juru bicara Pansel KPK Betti Alisjahbana. (Foto: MTVN/M Rodhi Aulia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan KPK mengaku sering digoda sejumlah partai politik. Mereka berusaha mempengaruhi proses seleksi yang sedang berjalan.
 
"Ada yang berusaha memengaruhi. Saya rasa biasa saja. Ada ajak bertemu, tapi kami punya kode etik di Pansel. Saya sampaikan secara sopan, kami terikat dengan kode etik," kata juru bicara Pansel KPK Betti Alisjahbana di Pusat Pendidikan dan Latihan Aparatur Kementerian Kesehatan, Jalan Hang Jebat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2015).
 
Ia mengungkapkan, selain ingin bertemu langsung, pihak-pihak tersebut juga menggoda lewat sambungan telepon. Bahkan, Betty tidak menampik godaan itu dilakukan langsung oleh oknum partai politik. "Ada lewat orang. Parpol lewat orang. Tapi ada sih yang berusaha langsung," ungkap Betty tanpa merinci lebih lanjut.
 
Betty menegaskan, pihaknya sudah menyediakan saluran khusus, jika ada pihak ingin ikut andil dalam proses seleksi capim KPK. Saluran itu melalui surat ke alamat resmi pansel dan melalui situs resmi yang sudah dibuka sejak 4 Juli lalu.
 
"Kami punya kode etik dan hormati itu. Kami diberi amanah dan kepercayaan yang harus dijaga. Presiden yang nunjuk kita. Kami harus jaga itu dan tak mau mengorbankan reputasi yang sudah disepakati bersama. Jadi kita tetap independen. Di antara kita selalu melaporkan kalau ada upaya untuk memengaruhi," terang Betty.


(FZN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA