Hasil Tes Kesehatan Calon Kepala Daerah Diserahkan sebelum 1 Agustus

Amaluddin    •    Selasa, 28 Jul 2015 19:28 WIB
pilkada serentak
Hasil Tes Kesehatan Calon Kepala Daerah Diserahkan sebelum 1 Agustus
Risma-Whisnu jalani tes kesehatan sebagai syarat maju dalam Pilkada Surabaya 2015, Ant/ Herman Dewantoro

Metrotvnews.com, Surabaya: Tahapan tes kesehatan bagi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota maupun pasangan calon bupati dan wakil bupati di wilayah Jawa Timur (Jatim) membutuhkan waktu dua hari. Hasilnya baru akan diserahkan kepada KPU sebelum tanggal 1 Agustus 2015.

"Sifatnya menyeluruh, baik tes fisik, psikolog maupun kejiwaan," kata Pelaksana tugas Direktur RSU dr Soetomo, Harsono, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/7/2015).

Tes kesehatan berlangsung di di Graha Amerta Rumah Sakit Umum dr Soetomo. Harsono mengatakan pemeriksaan ditujukan kepada calon kepala daerah wilayah Jatim. Mereka berasal dari Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Tuban, Lamongan, Gresik, Sumenep, Kota Pasuruan dan Kota Surabaya.

"Namun, hingga saat ini baru 5 kabupaten/kota yang sudah datang untuk menjalani tes," kata Harsono.

Adapun 5 kabupaten/kota yang pasangan calonnya sudah datang adalah Kabupaten Ponorogo sebanyak tiga pasang calon, Kabupaten Trenggalek sebanyak dua  pasang calon, Kota Surabaya satu pasang calon, Kabupaten Lamongan satu pasang calon, Kabupaten Ngawi baru satu pasang calon yang datang, seharusnya dua pasang balon.

"Total delapan pasangan calon yang baru datang," kata dia.

Harsono memastikan bahwa pihak telah menurunkan berbagai disiplin keilmuan untuk memeriksa pasangan calon itu, mulai dari spesialis penyakit dalam, syaraf, mata, jiwa, neurologi, penyakit infeksi tropis, obgin dan spesialis lainnya. "Jadi, semua disiplin ilmu kita kerahkan untuk memeriksa pasangan calon itu," ujarnya.

Namun begitu, Harsono memastikan bahwa pihaknya hanya memeriksa saja, tidak terlibat dalam memutuskan lolos atau tidaknya salah satu calon. "Kami hanya memberikan hasilnya, dan seluruh keputusan ada di KPU," katanya.


(RRN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA