Kadin Sesalkan Kasus Perbudakan di Tangerang

- 07 Mei 2013 07:08 wib
MI/Adam Dwi/zn
MI/Adam Dwi/zn

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyesalkan praktik perbudakan terhadap buruh yang masih terjadi. Hal itu dikemukakan Wakil Ketua Umum Kadin bidang Tenaga Kerja Benny Soetrisno menanggapi terjadinya kasus penyekapan buruh di sebuah pabrik logam di Lebak Wangi, Tanggerang.

“Seharusnya hal-hal seperti itu sudah tidak terjadi. Karena sudah seharusnya industri kecil ataupun besar menghormati hak-hak asasi manusia terhadap pekerja,” ujarnya di Jakarta, Senin (6/5).

Ia menekankan, semua pihak terutama pemerintah harus meningkatkan pengawasan agar kasus-kasus serupa tidak terulang lagi.

“Kami harapkan kasus ini tidak serta merta mencederai dunia usaha yang terus berupaya berbenah dalam perbaikan hubungan industrial,” imbuhnya.

Ia menambahkan, aparat hukum harus bertindak tegas dengan menjatuhkan sanksi kepada pengusaha nakal yang melakukan praktik-praktik perbudakan dan memperlakukan pekerjanya secara tidak manusiawi.

“Pengusaha seperti itu harus ditindak tegas dengan hukuman setimpal sesuai undang-undang yang berlaku. Kami benar-benar mengutuk tindakan tidak manusiawi seperti itu. Bila perlu izin usahanya dicabut karena melakukan pelanggaran berat supaya jera,” tukasnya. (Nurulia Juwita)

()

ANT/M Agung Rajasa

DPW masih Tunggu Jawaban DPP PPP

17 April 2014 22:50 wib

SURAT yang ditujukan bagi Suryadharma tidak sedikitpun mengindikasikan gerakan makar.