Pilkada Surabaya

Risma-Wisnu Calon Tunggal, PDIP Yakin Pilkada Surabaya Tetap Jalan

Amaluddin    •    Selasa, 28 Jul 2015 21:18 WIB
pilkada serentak
Risma-Wisnu Calon Tunggal, PDIP Yakin Pilkada Surabaya Tetap Jalan
Pasangan Risma-Wisnu saat mendaftar ke KPU Surabaya. Foto: MTVN/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Wakil Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya, Didik Prasetiyono, berkeyakinan Pilwali Surabaya tetap akan digelar. Menurut dia, calon pesaing Risma-Wisnu pasti mendaftarkan diri pada pendaftaran tahap dua, 1-3 Agustus 2015 mendatang.

"Meski sampai batas akhir pendaftaran tidak ada yang mendaftar, PDIP optimistis akan ada calon lain. Kami sangat yakin akan ada calon lain," katanya, dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (28/7/2015).

Jika hingga masa perpanjangan pendaftaran (1-3 Agustus) masih belum ada calon, Didik berjanji akan menggugat Peraturan KPU (PKPU) Nomor 12 Tahun 2015 ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Mahkamah Agung (MA), dan Mahkamah Konstitusi (MK)‎.

"Kami akan tetap melayangkan gugatan. Saat ini masih kita lakukan pembahasan. Jika masa tiga hari perpanjangan pendaftaran masih seperti ini (tidak ada colon mendaftar), kami pasti akan melayangkan gugatan itu. Pilkada Surabaya harus digelar karena penundaan pilkada adalah kewenangan presiden bukan KPU," katanya.

Hingga berakhirnya pendaftaran calon wali kota dan pasangannya ditutup pukul 16.00 WIB, tak ada pasangan lain yang mendaftar. Artinya, saat ini hanya satu pasangan calon patahana, Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana yang mendaftarkan ke KPU Surabaya, Jawa Timur. Risma-Wisnu masih menjadi calon tunggal di Pilkada serentak, 9 Desember 2015 mendatang.

Sebelum pendaftaran ditutup, beredar kabar calon dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)‎, Syamsul Arifin yang telah direkom DPP PKB akan mendaftar ke KPU. Juga calon dari Koalisi Majapahit yang lain, Sukoto juga dikabarkan akan mendaftarkan diri.

Bahkan, Sukoto yang saat dihubungi wartawan melalui telepon selulernya juga mengatakan akan mendaftar hari ini, Selasa, 28 Juli. Namun, saat ditanya akan diusung partai mana, Sukoto menjawab diplomatis. "Nanti saya akan konpres dengan teman-teman (wartawan)," jawabnya singkat.


(UWA)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

6 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA