Pasar Saham Tiongkok Mereda, Bursa Asia Cerah

Ade Hapsari Lestarini    •    Rabu, 29 Jul 2015 09:34 WIB
bursa saham asia
Pasar Saham Tiongkok Mereda, Bursa Asia Cerah
Ilustrasi bursa saham di Asia -- FOTO: Reuters/Toru

Metrotvnews.com, Tokyo: Bursa saham di Asia mulai cerah setelah beberapa hari sebelumnya dirundung pelemahan. Adapun pergerakan bursa saham di Asia ini perlahan mulai merekah.

Bursa saham Asia pun sebagian besar tercatat lebih tinggi di tengah harapan bahwa Beijing bisa membendung kekalahan di pasar tanpa merusak ekonomi, meskipun berhati-hati adalah semboyan menjelang keputusan kebijakan dari Federal Reserve AS.

Indeks .CSI300 dari emiten terbesar di Shanghai dan Shenzhen naik 0,6 persen pada perdagangan pagi ini, sementara Shanghai Composite SSEC naik 0,7 persen. Demikian melansir Reuters, Rabu (29/7/2015).

Sentimen pasar telah sedikit tenang dengan adanya janji dari regulator Tiongkok untuk membeli saham demi menstabilkan pasar saham jika diperlukan dan lebih melonggarkan kebijakan dari bank sentral. Namun investor tetap waspada terhadap pasar saham saat ini, karena sebelumnya tanpa peringatan pasar saham telah ambles sebesar lebih dari delapan persen pada perdagangan Senin.

Penguatan saham di Shanghai ikut mengangkat indeks utama Australia .AXJO sebesar satu persen, sedangkan indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang melambung 0,7 persen. Adapun untuk indeks Nikkei N225 Jepang menjadi salah satu dari beberapa pasar saham yang berhenti di zona merah, serta membukukan kerugian sebesar 0,4 persen.

Penguatan bursa saham Asia ini disokong dari pasar energi, di mana harga minyak terpantau tenang menjelang data resmi dirilisnya stok minyak Amerika Serikat (AS). Harga minyak berjangka Brent turun delapan sen menjadi USD53,21 per barel dan mendekati level terendahnya sejak Februari. Sementara harga minyak mentah berjangka AS tergelincir enam sen menjadi USD47,92 per barel.


(AHL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

10 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA