Inggris Perkuat Kerja Sama Ekonomi dengan ASEAN

Willy Haryono    •    Rabu, 29 Jul 2015 09:53 WIB
indonesia-inggris
Inggris Perkuat Kerja Sama Ekonomi dengan ASEAN
PM Inggris David Cameron (kanan) bersalaman dengan Sekjen ASEAN Le Luong Minh di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (27/7/2015). (Foto: AFP / ACHMAD IBRAHIM / POOL)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perdana Menteri Inggris David Cameron melakukan kunjungan bersejarah ke Sekretariat ASEAN di Jakarta, Senin (27/7/2015), untuk memperkuat kerja sama ekonomi di kawasan. 

Sekjen ASEAN H.E. Le Luong Minh menyebut kunjungan Cameron merefleksikan komitmen dan niat baik Inggris untuk memperdalam hubungan dengan ASEAN. Ketertarikan Inggris untuk memperkuat hubungan ekonomi sejalan dengan keinginan ASEAN menuju integrasi ekonomi yang lebih besar. 

Minh memaparkan perkembangan terbaru di Komunitas ASEAN kepada Cameron, menyoroti berbagai pencapaian dan tantangan yang masih perlu dihadapi. Dengan GDP gabungan sekitar USD6,2 triliun pada 2014, ASEAN saat ini menjadi kekuatan ekonomi ketujuh terbesar di dunia dan ditargetkan menjadi nomor empat pada 2050. 

Cameron memuji kemajuan Komunitas ASEAN yang dapat menguntungkan kawasan dan juga regional lainnya. Dalam hal ini, Cameron mengatakan Inggris akan meningkatkan pendekatan ekonominya dengan mengeksplorasi kerja sama di area infrastruktur dan e-commerce. Cameron berencana menunjuk utusan khusus untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi antara ASEAN dan Inggris. 

Dalam dialog, Minh dan Cameron juga bertukar pandangan dalam beberapa isu kawasan dan internasional yang berimbas pada perdamaian dan stabilitas. Menekankan pentingnya membuat zona bebas nuklir, Minh mengungkapkan ASEAN telah memanggil semua Negara Senjata Nuklir (NWS) untuk tunduk pada Protokol Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara. Pengakuan dan dukungan NWS terhadap protokol itu merupakan hal penting bagi ASEAN. 

Turut dibahas pula masalah Laut China Selatan. Minh dan Cameron sepakat perlu adanya solusi damai terkait masalah tersebut, dengan tetap mengacu pada hukum internasional. 

Setelah pertemuan dengan Minh dan Cameron, acara dilanjutkan dengan forum bisnis ASEAN-Inggris. Acara ini diikuti pemimpin tinggi pemerintahan dan pebisnis serta perwakilan berbagai perusahaan Inggris yang hendak berinvestasi di ASEAN.


(WIL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA