JK: Pemikir Hebat RI Berkantor di Bappenas

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 29 Jul 2015 09:54 WIB
bappenas
JK: Pemikir Hebat RI Berkantor di Bappenas
Wapres Jusuf Kalla. FOTO: MI/IMMANUEL ANTONIUS

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memberikan arahan dan dialog pada kepada para pejabat di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas hari ini.

Dengan tema Sinkronisasi Perencanaan dan Pembangunan dalam rangka Pengendalian Pembangunan, JK sapaan Kalla mengatakan Bappenas merupakan sebuah lembaga yang bersejarah karena ditempati orang-orang hebat seperti Armida Alisjahbana dan Paskah Suzetta.

"Setelah memasuki era pembangunan, di sini perencanaan dibuat. Di sini pula, ekonom dan pemikir hebat berkantor," ujar JK di Kantor Bappenas, Taman Suropati, Jakarta Pusat, Rabu (29/7/2015).

JK mengatakan suatu bangsa, untuk mencapai tujuan yakni memajukan bangsa yang adil dan makmur,  memang memerlukan perencanaan yang baik. Namun untuk membuat perencanaan yang baik tentu tidak mudah.

Pasalnya, jika dalam perencanaan tersebut implementasinya tak sejalan, maka bisa dikatakan sebuah bangsa atau negara mengalami pincang. Bappenas sebagai institusi pembuat rencana harus memiliki ketepatan untuk menghitung dan membuat target pertumbuhan dan kemungkinan realisasinya dengan rasional. Bagaimana. Pertumbuhan tersebut bisa merdampak pada pemerataan, pengurangan gini ratio, dan lain sebagainya.

"Apabila perencanana dan pelaksanaaan enggak sinkron negara pincang," pungkas dia.


(AHL)