Tiga Pasang Calon Bupati Malang Jalani Tes Kesehatan

Aditya Mahatva Yodha    •    Rabu, 29 Jul 2015 10:54 WIB
pilkada serentak
Tiga Pasang Calon Bupati Malang Jalani Tes Kesehatan
Foto: Ketiga pasang calon Bupati Malang menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Dr Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur/MTVN_Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Tiga pasang calon Bupati Malang, Jawa Timur, menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Dr Saiful Anwar, Rabu 29 Juli. Tes kesehatan merupakan rangkaian syarat yang harus dijalani calon kepala daerah dalam pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak.

Ketiga pasang calon bupati Malang yakni Nurcholis dan Muhammad Mufid dari jalur independen, Rendra Kresna dan M Sanusi dari koalisi Madep Manteb Manetep (PKB, NasDem, Golkar, Gerindra, Demokrat), serta Duo Srikandi Dewanti Rumpoko dan Masrifah Hadi dari PDIP.

"Bakal calon melaksanakan tes kesehatan di RSSA Malang," kata Divisi Komunikasi dan Informasi Publik KPU Kabupaten Malang, Abdul Holik di Rumah Sakit Umum Dr Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (29/7/2015).

Ketiga pasang calon Bupati Malang menjalani sejumlah tes kesehatan. Hasil tes kesehatan ini akan menentukan layak atau tidaknya calon bupati dan wakil bupati maju dalam Pilkada serentak pada Desember mendatang.

"Banyak pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter rumah sakit. Mulai dari tes HIV Aids, narkoba, dan lain-lain," ujar pria yang akrab disapa Gus Holik, itu.

Setiap kandidat dikenai biaya tes kesehatan sebesar Rp7,5 juta. Biaya itu dibebankan kepada KPU dari dana hibah daerah yang sudah dianggarkan Pemerintah Kabupaten Malang.

"Biaya untuk tes kesehatan sebesar Rp7,5 juta per orang. Kami sudah siapkan untuk 5 pasang. Berhubung cuma 3 pasang maka pos anggaran sisanya akan dimaksimalkan untuk publikasi dan pemasangan gambar para kandidat," pungkasnya.


(TTD)