JK: BPJS Harusnya Sponsori Pertandingan Sepakbola

Dheri Agriesta    •    Rabu, 29 Jul 2015 11:19 WIB
bpjs kesehatan
JK: BPJS Harusnya Sponsori Pertandingan Sepakbola
Ilustrasi -- FOTO: Antara/RIVAN AWAL LINGGA

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mensponsori pertandingan sepakbola. Dengan sepakbola maka anak-anak menjadi sehat.

"Saya bilang sama BPJS Kesehatan, Anda harus sponsori pertandingan sepakbola. Supaya anak-anak olahraga, anak-anak sehat," kata JK sembari tersenyum saat memberikan arahan sejumlah pejabat di Kementerian Perencanaan Pembangunan/Bappenas, Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/7/2015).

JK menyebut, pemerintah memang memiliki anggaran untuk menutupi biaya kesehatan masyarakat. Dengan adanya anggaran itu masyarakat seolah berpikir pemerintah akan menanggung segala penyakit yang diderita rakyatnya.

"Yang terbayang adalah kebijakan kesehatan kita seakan bilang, 'Hai rakyat, ketika Anda sakit, pemerintah tanggung semua'," kata JK.

Akibat anggapan ini, menjadi sakit bukan perkara sulit. JK menyebut pola pikir ini yang harus diubah. "Kita harus balik filosofi itu, tetaplah Anda sehat. Kita harus perbanyak anggaran air bersih, olahraga, dan segala aspek preventif didahulukan," kata JK.

Oleh karena itu, kata JK, pemerintah harusnya mendorong kebijakan pencegahan dengan membuat rumah layak huni sebanyak-banyaknya. Fasilitas penunjang untuk membuat masyarakat tetap menjalankan hidup sehat juga harus diperbanyak.

"Kita harusnya dorong orang sehat dengan cara macam-macam. Rumah harus bagus, harus banyak lapangan bola," kata dia.


(AHL)