Saudi Hukum Perusahaan yang Pekerjakan Buruh di Siang Bolong

Willy Haryono    •    Rabu, 29 Jul 2015 12:19 WIB
politik arab saudi
Saudi Hukum Perusahaan yang Pekerjakan Buruh di Siang Bolong
Pekerja lapangan bekerja di bawah terik matahari di Riyadh, Arab Saudi. (Foto: AFP / FAYEZ NURELDINE)

Metrotvnews.com, Makkah: Kementerian Tenaga Kerja Arab Saudi mendapati 250 buruh yang sedang bekerja di proyek kontruksi pada siang bolong. Atas kejadian tersebut, Pemerintah berencana menjatuhkan sanksi kepada perusahaan yang mempekerjakan mereka. 

Demikian laporan di salah harian lokal Arab Saudi, seperti dikutip Pospertki.org, Selasa (28/07/2015).

Seperti diketahui, Menteri Tenaga Kerja Arab Saudi menerbitkan keputusan yang melarang perusahaan mempekerjakan para buruh lapangan di siang hari selama musim panas. Keputusan tersebut berlaku sejak 15 Juni 2015 hingga 14 September.

Abdullah Al Olayan, Kepala Kementerian Tenaga Kerja, mengatakan tim inpeksi mendapati adanya pelanggaran saat melakukan inspeksi mendadak ke lapangan, khususnya ke lokasi yang bergerak di bidang proyek kontruksi.

Peraturan ini selalu diberlakukan setiap musim panas tiba. Hal ini demi menjaga keselamatan para buruh, baik lokal maupun asing. Pemerintah juga memperingatkan agar perusahaan tidak mempekerjakan para pekerjanya melebihi 8 jam. "Hak lembur para pekerja harus dibayarkan," jelas Abdullah Al Olayan.

Bagi perusahaan yang mempekerjakan para pekerjanya, khususnya buruh lapangan di siang hari, akan dikenai hukuman. Bentuk hukuman mulai dari denda hingga penutupan permanen. 

Masyarakat serta para buruh lokal maupun asing di Arab Saudi diminta menghubungi ke nomor call center bebas pulsa 9911 apabila ada perusahaan yang melanggar. 


(WIL)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

58 minutes Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA