Ibu Negara: Suatu Kehormatan Anggrek di Singapura Diberi Nama Iriana Joko Widodo

K. Yudha Wirakusuma    •    Rabu, 29 Jul 2015 13:17 WIB
jokowi
Ibu Negara: Suatu Kehormatan Anggrek di Singapura Diberi Nama Iriana Joko Widodo
Ibu Negara Iriana Joko Widodo--Metrotvnews.com/Desi

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu bunga anggrek jenis Dendrobium Christabella di National Botanical Garden of Singapore diberi nama ‘Dendrobium Iriana Jokowi’. Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyebut itu suatu kehormatan.

“Suatu kehormatan sekali ya, anggrek yang ada di Singapura diberi nama Iriana Joko Widodo,” kata Iriana di National Orchid Garden, Singapore Botanical Garden, seperti dilansir website setkab, Rabu (29/7/2015).

Presiden Jokowi menyebut, pemberian itu diplomasi bunga, jadi bunga dijadikan sebagai alat persahabatan. “Luar biasa!" Jokowi takjub.

Menurut Jokowi, ini membuktikan cara menjalin persahabatan tidak melulu lewat meeting formal atau harus ketemu antara diplomat dengan diplomat. Tapi, cara seperti memberi nama Iriana Jokowi sebagai sebuah spesies anggrek sangat berkesan. "Ini diplomasi bunga,” kata Jokowi.

Ketika ditanyakan wartawan tentang koleksi bunga, Ibu Negara menjawab, “Kalau koleksi ndak ya, tapi ada. Di rumah ada. Karena merawat anggrek ini tidak sembarang merawat. Merawat anggrek harus dengan hati,” imbuh Iriana. “Bukan ada, banyak (bunga),” sambung Presiden Jokowi berkelakar kepada Ibu Negara.

Dendrobium Iriana Jokowi adalah bunga Dendrobium hibrida yang kuat dan bebas. Bunga ini tegak mekar semi-melengkung dengan ukuran 5,6 cm. Kelopak bunga berwarna putih dan cahaya kuning kecoklatan sedangkan mahkota bunga bengkok kuning kecoklatan sampai coklat kemerahan. Ketika mekar, anggrek ini dilengkapi dengan warna kemerahan ungu muda di pinggirnya dan warna ungu gelap pada bagian tengah.

Ikut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam kunjungan tersebut adalah Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi.


(YDH)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA