Dugaan Suap di Kemendag, Polisi Tetapkan 3 Tersangka

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 29 Jul 2015 13:24 WIB
suap di kemendag
Dugaan Suap di Kemendag, Polisi Tetapkan 3 Tersangka
Polisi saat menggeledah Kementerian Perdagangan, Selasa (28/7/2015). Foto: Atet Dwi Pramadia/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mengungkapkan, penyidik menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi di Kementerian Perdagangan. Selain itu, enam orang diperiksa intensif. 

"Ada lebih kurang enam orang yang dibawa kemarin, dan ini sedang kita lakukan pemeriksaan. Yang dikenakan status tersangka ada dari luar satu dan dalam satu (belakangan diketahui dua)," jelas Tito di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (29/7/2015).

Jenderal polisi bintang dua itu membeberkan, para tersangka itu yakni seorang perantara berinisial N. Lalu, seorang pekerja harian lepas (PHL) di Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, berinisial MU.

Secara terpisah, Tito menyampaikan, salah seorang Kasubdit di Ditjen Perdagangan Luar Negeri juga telah menjadi tersangka. Namun Tito enggan mengungkap identitasnya.

"Kasubdit juga sudah jadi tersangka. Kita akan kembangkan sampai di mana uangnya," jelasnya.

Dia menuturkan, barang bukti berupa uang sudah disita penyidik. Sementara itu, saat dilakukan penangkapan penyidik juga menemukan lagi uang sebesar USD10 ribu di kantong salah seorang tersangka. Uang itu diduga suap dari pengusaha.

"Setelah itu dia (tersangka) bercerita banyak, mengakui ada masalah di perizinan yang disalahgunakan melibatkan beberapa orang atasan. Sehingga kita lakukan penggeledahan kemarin," jelasnya.

Dari penggeladahan di Ditjen Perdagangan Luar Negeri, polisi menyita uang sebesar USD42 ribu dan 4.000 Dollar Singapura. Belum dibeberkan di ruangan siapa uang itu ditemukan. 


(KRI)