Mengenal Vitiligo, Kelainan Kulit yang Menyerang Model Winnie Harlow

Nia Deviyana    •    Rabu, 29 Jul 2015 13:44 WIB
kesehatangaya
Mengenal Vitiligo, Kelainan Kulit yang Menyerang Model Winnie Harlow
Winnie Harlow. (Foto:Cosmopolitan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kulit belang yang dimiliki model Winnie Harlow tak terlepas dari kelainan kulit yang bernama vitiligo. Seperti dilansir dari laman Mayo Clinic, vitiligo merupakan kondisi dimana sel-sel yang memproduksi melanin kimia mati atau berhenti berfungsi, sehingga menyebabkan bercak putih di kulit. Winnie Harlow, 'Gadis Sapi' yang Sukses Jadi Model

Seperti diketahui, melanin adalah senyawa yang menentukan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Umumnya, bagian yang rentan terkena adalah tubuh yang sering terpapar matahari, seperti tangan, kaki, lengan, bagian wajah dan sekitar bibir. Vitiligo juga dapat menyerang akar rambut dan menyebabkan tumbuhnya uban pada rambut, bulu mata, alis, dan jenggot.

Vitiligo bisa menyerang semua orang dari ras manapun, namun mungkin akan terlihat lebih jelas jika diderita mereka yang memiliki kulit gelap. Seperti Winnie Harlow, akan terlihat perbedaan kulit yang cukup mencolok. 


(Winnie Harlow/fashiongonerogue.com)

Penyebab dan Faktor Risiko Vitiligo
Vitiligo tak menular ataupun mengancam jiwa, namun, dapat memengaruhi penampilan serta kepercayaan diri penderitanya.

Vitiligo terjadi ketika kulit tidak memproduksi melanin secara memadai. Namun, tidak diketahui secara pasti apa penyebab dibalik tidak berfungsinya sel-sel pembentuk melanin. Para pakar menduga, vitiligo ini berhubungan dengan beberapa faktor risiko, seperti riwayat kesehatan keluarga.

Penanganan Vitiligo
Vitiligo tak bisa disembuhkan. Namun, penderita dapat memaksimalkan perlindungan kulit dari sinar matahari sehingga mampu memperlambat perkembangan vitiligo, dan memperbaiki penampilan kulit penderita.

Menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih, membantu kulit agar tidak mudah terbakar matahari. Selain itu, penderita juga bisa  menggunakan tanning lotion (krim penggelap kulit) untuk menyamarkan bercak vertiligo. 

Sebenarnya, penderita juga bisa melakukan penanganan medis untuk menyembuhkannya. Namun, langkah medis umumnya memiliki efek samping yang dapat memengaruhi kesehatan penderitanya. 

Itulah mengapa, untuk kasus ini dokter cenderung menganjurkan penanganan dengan kosmetik ketimbang pengobatan medis.


(LOV)