10 Trik Belanja Barang Bekas

Torie Natalova    •    Rabu, 29 Jul 2015 14:04 WIB
fashiongaya
10 Trik Belanja Barang Bekas
Trik menguasai belanja pakaian bekas. (Foto:belgradecat.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian besar wanita masih gemar belanja pakaian ataupun sepatu bekas alias seconhand. Bagi Anda penggemar barang-barang vintage dan bekas, simak tips menguasai belanja barang-barang bekas berikut ini.

1. Cobalah mencari tahu kapan barang-barang yang baru datang lagi. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan koleksi yang terbaik sebelum diambil orang lain.

2. Datang dengan daftar kebutuhan yang perlu dibeli. Karena terkadang, saat berada di tempat belanja Anda akan lupa apa saja barang yang ingin atau perlu dibeli.

3. Ambil segala sesuatu yang menarik mata Anda meski Anda tidak yakin dengan hal itu. Jangan pikir lagi, akukan saja. Karena barang bekas biasanya hanya tersedia satu barang saja, keputusan untuk mengambil barang yang menarik mata harus cepat dilakukan jika tak ingin diambil orang lain.

4. Pakailah pakaian yang warnanya netral dan mudah untuk dicopot atau dipakai lagi. Ini untuk menghindari jika kamar pas penuh atau tidak ada kamar pas. 

5. Jangan tertipu oleh label merek atau desainer palsu. Membeli sesuatu bukan karena ada label terkenal tapi karena Anda menyukainya. Jangan tertipu dengan dress vintage dengan label terkenal karena bisa saja label dipasang sendiri dan dijual dengan harga yang berlipat-lipat mahalnya.

6. Jangan pilih bentuk yang klasik khususnya pada dress atau gaun vintage. Semakin ramping potongannya, akan semakin moderen pula terlihat. Anda tentu tak ingin tampil seperti tengah berada di zaman lain bukan?

7. Jangan pernah membeli pakaian dengan bekas noda. Anda tidak akan pernah bisa menghilangkan noda tersebut dengan mencucinya.

8. Pastikan Anda bersikap sangat ramah dan baik dengan pegawai untuk menanyakan harga dan diskonnya. 

9. Jangan takut untuk pergi ke penjahit guna memperbaiki bentuk atau desain pakaian dan barang lain yang dibeli. Terkadang, pakaian atau aksesoris bekas perlu tambahan atau perbaikan untuk menjadikannya tampak seperti baru.

Perbaikan yang mudah: membesarkan kemeja, memperpendek lengan, menaikkan pinggang atau membuat rok menjadi runcing. Menjahit robekan.

Perbaikan yang sedang: mengganti kancing, ritsleting dan perangkat keras lain. Ini cukup mudah dilakukan penjahit. Mengganti sol sepatu, robekan tapi tidak pada jahitan.

Perbaikan yang sulit: memperbaiki hiasan yang rusak, menjahit potongan berat seperti blazer, memperbaiki bagian bahu blazer atau jaket, mengganti lapisan coat atau mantel.

Perbaikan yang mustahil dilakukan: membuat sesuatu menjadi lebih besar atau terlalu ketat karena kebanyakan pakaian tidak memiliki tambahan kain. Perbaikan kulit yang retak atau bulu. Ini sulit dilakukan karena kulit terlalu kering sehingga sulit untuk memperbaikinya.

10. Apapun yang Anda beli, pastikan untuk segera membersihkannya. Masukkan ke laundry atau mesin cuci segera setelah membelinya karena Anda tak tahu dimana barang tersebut diletakkan sebelumnya. (Cosmopolitan)


(LOV)