Selain Kemendag, Polda Metro Pantau 17 Kementerian Lain

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 29 Jul 2015 14:34 WIB
suap di kemendag
Selain Kemendag, Polda Metro Pantau 17 Kementerian Lain
Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian---MI/Marcel

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya rupanya tak hanya memantau dugaan suap dan gratifikasi di Kementerian Perdagangan (Kemendag). Polda Metro Jaya juga tengah memantau 17 kementerian lain yang diduga sering bermain api korupsi.

"Kita juga akan mengecek kementerian lain yang 17," jelas Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karniavan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (29/7/2015).

Pengawasan itu, kata Tito, lantaran permainan suap yang terjadi dalam proses dwelling time, juga terkait 17 instansi di kementerian lainnya. Yakni dalam proses pre-clearance di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, yang masuk dalam sistem satu atap 18 instansi.

Meski begitu, Tito masih enggan membuka 17 instansi tersebut. Saat ini, penyidik polda tengah memproses perkara tersebut.

"Saya tidak mau sebutkan, karena ini bagian penyidikan yang sedang berjalan. Tapi dari satu yang kita kerjakan adalah di Perdagangan, Unit Perdagangan ini khususnya di Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri karena perizinan ada di situ," jelas dia.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya telah menetapkan tiga tersangka yakni N seorang broker, MU sebagai PHL, dan satu dari pihak Kasubdit. Selain itu, enam orang telah digiring semalam usai penggeledahan. Saat ini masih dilakukan pemeriksaan, untuk ditentukan statusnya.


(TII)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

4 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA