Ceri, Buah Kecil yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

   •    Rabu, 29 Jul 2015 14:50 WIB
kesehatan
Ceri, Buah Kecil yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan
Buah ceri yang kaya manfaat. (Foto:flickr.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ceri salah satu buah terbaik yang kaya akan antioksidannya. Selain itu, buah ceri juga kaya akan serat, kalium, tembaga, magnesium, mangan, zat besi, kalsium, seng dan fosfor. Anda bisa memakan ceri dengan berbagai cara karena manfaatnya masih tetap bisa Anda dapatkan.

Dan berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah kecil berwarna merah ini.

1. Mencegah penyakit jantung

Sudah banyak dokter yang merekomendasikan untuk memakan buah ceri dalam mengatasi penyakit jantung pasiennya. Mengapa demikian? Karena beberapa penelitian telah menemukan bahwa ceri merupakan sumber terbaik dari anthocyanin dan kalium, yang membantu mengatur tekanan darah dan denyut jantung serta mampu menurunkan risiko hipertensi dan stroke.

Ceri juga kaya pitosterol yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang lebih rendah. Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu hampir di beberapa bagian dunia. Maka dari itu, Anda perlu memakan ceri dengan menambahkannya di salad atau minuman Anda.

2. Menghindari diabetes

Sangat sulit untuk menemukan camilan sehat yang memiliki indeks glikemik rendah. Ceri sangat sempurna untuk kudapan karena memiliki glikemik rendah ketimbang bluberi, anggur dan buah persik. Anda bisa mencoba dengan mencampurkan buah ceri dengan yoghurt, karena hasilnya ini bisa membuat Anda memiliki snack yang sehat.

3. Meningkatkan tidur

Jangan khawatir, makan ceri siang hari tidak akan membuat Anda mengantuk. Jika Anda sulit tidur atau mendapatkan kualitas tidur, namun, saya sarankan Anda untuk memasukkan beberapa ceri di makanan ringan sebelum tidur Anda. Ceri yang tinggi melatonin yang membantu mengatur siklus tidur dan mencegah insomnia. Banyak dokter menyarankan minum jus ceri juga.

Selain itu, jika Anda mencoba untuk mengatasi jet lag, ceri juga dapat menjadi salah satu solusinya. Ceri merupakan buah yang dapat membantu orang yang menderita insomnia kronis sehingga Anda bisa tidur lebih lelap.

4. Meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Seperti kebanyakan buah lainnya, ceri juga mengandung antioksidan yang kuat yang dapat membuat otak Anda terhindar dari demensia dan penyakit Alzheimer. Ceri juga mampu meningkatkan sifat memori. Sangat cocok untuk dijadikan camilan bagi para siswa agar mampu mengasah otaknya dengan baik.

5. Meringankan otot dan kram menstruasi

Seperti pisang, ceri juga dapat membantu Anda meredakan otot atau kram saat menstruasi. Ceri memiliki kandungan kalium rendah daripada pisang, tetapi mereka juga memiliki kandungan kalori yang lebih rendah, itulah sebabnya mengapa banyak ahli gizi merekomendasikan makan ceri sebelum atau setelah latihan untuk meringankan kram otot dan membakar lebih banyak kalori. Apalagi jika Anda kerap mengalami kram saat menstruasi, buah ceri bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.

6. Menjaga pencernaan Anda

Saking banyaknya makanan cepat saji, itu hampir mustahil untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Banyak orang sering mengatakan bahwa sulit untuk mengatasi ngidamnya sehingga berakhir dengan mengonsmsi makanan berkalori tinggi untuk memuaskan hasratnya. Untungnya, Anda masih bisa menjaga sistem pencernaan Anda dengan makanan manis dari buah ceri.

7. Mencegah penuaan dini

Setiap wanita takut akan penuaan dini dan banyak yang belum melakukan apa-apa untuk mencegahnya. Ada dua cara supaya Anda tetap terlihat muda. Yang pertama adalah untuk menumbuhkan sikap positif dan selalu tersenyum, dan yang kedua adalah dengan makanan yang mencegah penuaan dini seperti buah ceri. Karena kandungan antioksidan yang tinggi, ceri membantu memerangi tubuh Anda radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

8. Mengurangi risiko kanker

Tidak ada obat untuk kanker, tetapi makan buah yang kaya antioksidan, termasuk ceri, secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker. Beberapa studi menunjukkan bahwa makan ceri atau minum jus ceri secara rutin dapat mencegah kanker usus besar. Tentu, itu bukan berarti Anda harus mengunyah ceri sepanjang hari untuk tetap sehat dan hidup lebih lama. Anda hanya pelu segenggam ceri untuk merasakan semua manfaat kesehatan yang ditawarkan. (Sumarni/ Amerikanki)


(LOV)