Marak Calon Tunggal, Ray Rangkuti: Kita Salahkan Partai!

Intan fauzi    •    Rabu, 29 Jul 2015 15:23 WIB
pilkada serentak
Marak Calon Tunggal, Ray Rangkuti: Kita Salahkan Partai!
Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti - MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Aktivis Lingkar Madani Ray Rangkuti menyayangkan sepinya bakal calon di Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 mendatang.

Rangkuti menilai bahwa banyaknya calon tunggal di berbagai daerah menunjukkan partai politik tak mampu melahirkan calon pemimpin.  Itu membuat persaingan fair dalam Pilkada tak terjadi.

"Ini tugas partai. Partai yang harus memastikan ada persaingan fair dalam pemilu. Ada 12 daerah pasangan tunggal yang kita salahkan partai-partai. Itu tanggung jawab mereka, tidak bisa menghadirkan lawan tanding pada petahana," kata Ray di kantor PARA Syndicate, Jalan Wijaya Timur III, Jakarta Selatan, Rabu (29/7/2015).

Dia mengakui, tak mudah mengalahkan petahana. Perlu waktu bertahun-tahun untuk menyiapkannya.

"Membuat tandingan pada petahana populer ini tak bisa sehari atau dua hari. Harus dari dua atau tiga tahun sebelumnya," jelas Ray.

Rangkuti menganggap parpol selama ini tak serius berpolitik. Sebab, masih banyak parpol yang tak berani melawan calon-calon petahana.

"Mereka tak serius berpartai, kalau serius masa mereka tak ada stok pemimpin. Lima tahun itu ngapain saja," tegasnya.

"Kalau ada (pemimpin) ditandingkan, masa disimpan. Kalah urusan kedua, intinya pemimpin lahir dari pertarungan demi pertarungan," sambungnya.


(MBM)