Puluhan Ilmuwan dari Berbagai Negara Hadiri International Indonesia Forum

Pythag Kurniati    •    Rabu, 29 Jul 2015 16:44 WIB
budaya
Puluhan Ilmuwan dari Berbagai Negara Hadiri International Indonesia Forum
Foto: Pendiri sekaligus Ketua IIF, Frank Dhont/MTVN_Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Surakarta: Kemajuan zaman seharusnya tidak menggerus nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi identitas suatu bangsa. Topik itu menjadi bahasan utama dalam International Indonesia Forum (IIF) Conference di Universitas Sebelas Maret Surakarta, Rabu 29 Juli.

Lebih dari 70 ilmuan dari berbagai universitas sejumlah negara hadir dalam konferensi ini. Di antaranya dari Amerika Serikat, Prancis, Hongkong, dan Brunei Darussalam. Indonesia sendiri dipercaya sebagai tuan rumah dalam konferensi ke-8 IIF ini.

"Kota Solo misalnya, memiliki budaya Jawa. Itu menjadi diskusi kita untuk mempertahankan identitas di tengah kemajuan. Di sini ada ahli ekonomi, sejarah, politik, sastra. Semua peneliti bisa menyumbangkan ilmunya dalam konferensi ini," kata Pendiri sekaligus Ketua IIF, Frank Dhont di Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (29/7/2015).

Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi dengan sejumlah tema. Di antaranya Seni dan Tradisi di Indonesia, Tradisi dan Ekonomi, Kelompok Budaya Lokal, Wayang dan Modernitas, tema lainnya. Konferensi ke-8 IIF ini akan digelar selama dua hari. Konferensi bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta untuk lebih bijaksana menyikapi perkembangangan zaman tanpa harus kehilangan identitas bangsa.


(TTD)