Material SIM Habis, Ratusan Pemohon Tetap Ramai Mengantre

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 29 Jul 2015 16:48 WIB
kependudukan
Material SIM Habis, Ratusan Pemohon Tetap Ramai Mengantre
Seorang polisi menjelaskan penggunaan kartu SIM sementara kepada warga di Brebes, Metrotvnews.com/ Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Material pembuatan surat izin mengemudi (SIM) di Brebes, Jawa Tengah, sudah habis. Meski demikian, ratusan pemohon tetap mengantre di Polres Brebes untuk membuat SIM.

Kasatlantas Polres Brebes AKP Rendy Jul Ikhlas meminta warga tak panik dengan blangko pembuatan SIM yang habis. "Karena warga mendapat SIM pengganti sementara, surat keterangan tersebut dapat digunakan pemohon untuk mengemudi. Jika material sudah tiba maka surat itu akan diganti dengan SIM asli," ujar Kasatlantas Polres Brebes, AKP Rendy Jul Ikhlas, di ruang kerjanya, Rabu (29/7/2015).

Rendy mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab habisnya material. Tapi ia mengakui permintaan SIM melonjak di beberapa daerah. Sehingga, proses pengecekan distribusi material SIM masih berlangsung dari Mabes Polri.

Sementara itu, Kepala Bagian Urusan SIM (Baur SIM) Satlantas Polres Brebes, Aiptu Joko Widiyanto menjelaskan sejak loket dibuka paska liburan pada Senin lalu, jumlah pemohon SIM mengalami peningkatan. Kebanyakan pemohon SIM merupakan pemudik yang ingin berangkat kembali ke Jakarta usai merayakan liburan di kampung halamannya.

“Hari-hari biasa, petugas kami melayani antara 150-200 pemohon SIM. Namun, paska lebaran hingga hari ini, jumlah pemohon mencapai angka 400 tiap hari. Lebih dari 60 persen adalah pemohon baru,” ungkapnya.
 


(RRN)