Soekarwo Akui Sulit Bangun Waduk Atasi Kekeringan di Madura

Amaluddin    •    Rabu, 29 Jul 2015 17:50 WIB
kekeringan
Soekarwo Akui Sulit Bangun Waduk Atasi Kekeringan di Madura
Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Kekeringan melanda 19 kabupaten di wilayah Jawa Timur. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur pun melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa kabupaten itu di antaranya Lamongan, Magetan, Bojonegoro, Bondowoso, Tuban, dan empat kabupaten di Madura yaitu Sumenep, Bangkalan, Pamekasan, serta Sampang.

Salah satu cara mengatasinya yaitu membangun embung geo membran atau waduk kecil. Pada 2015, 80 embung dibangun untuk menggunakan alat pengolahan air.

Tapi Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengakui sulit membangun embung geo membran di wilayah Madura.

"Tanahnya susah untuk tempat membuat embung," kata Soekarwo usai menghadiri Silaturahmi Kerukunan Umat Beragama di Balai Prajurit Kodam V Brawijaya di Surabaya, Rabu (29/7/2015).

Selain itu, Pemprov pun mengirimkan truk tangki air bersih ke sejumlah daerah yang mengalami kekeringan. "Sedangkan pemerintah kota dan kabupaten yang mengalami kekeringan menyediakan air bersihnya," katanya.

Soekarwo mengakui penanganan itu mengakibatkan jumlah daerah yang mengalami kekeringan menurun. Sedianya, jumlah daerah yaitu 21 daerah titik rawan, kini berkurang menjadi 19 daerah.


(RRN)