Bos BCA Khawatiran Dampak Elnino

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 29 Jul 2015 19:06 WIB
berita bca
Bos BCA Khawatiran Dampak Elnino
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiaatmadja menilai dampak elnino berkepanjangan bisa menurunkan kinerja seluruh segmen bisnis, khususnya kredit perbankan. Hal itu dikarenakan ada kekhawatiran kesulitan mendapatkan pangan di tengah peningkatan kebutuhan yang sangat besar.

"Jika melihat tayangan televisi beberapa hari terakhir ini, dampak kekeringan sudah mengerikan," kata Jahja, selepas press conference Laporan Keuangan BCA Semester I-2015, di Hotel Indonesia Kem‎pinski, Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Dia menjelaskan, ketika suplai pangan berkurang tapi permintaan justru bertambah di tengah jumlah penduduk yang sangat besar maka harga makanan akan mahal. Sehingga, masyarakat bakal kesulitan mendapatkan makanan. Secara tidak langsung, sektor konsumer terpangaruh dan dampaknya memengaruhi laju bisnis perseroan.

Dengan keadaan seperti itu, Jahja meminta kepada pemerintah agar bersegera mempersiapkan berbagai macam ketersediaan infrastruktur. Ketersediaan infrastruktur ini menjadi penting sebagai penunjang pangan agar lebih agresif. "Ini harus dipersiapkan dan antisipasi secara lebih baik, terkait dampak elnino ini," tutur dia.

Meski ada keadaan seperti itu, Jahja tetap berharap agar pertumbuhan penyaluran kredit BCA bisa terjaga di kisaran 10 persen sampai 12 persen di 2015. Pertumbuhan ini tak dipungkiri mengalami perlambatan dibandingkan dengan pertumbuhan kredit di tahun-tahun sebelumnya.

"Pada tahun ini kami tetap patok kredit (bisa tumbuh di level) 12 persen‎. Itu target kami," pungkas dia.


(ABD)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

6 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA