Hati-hati! Kebiasaan Ini Bisa Merusak Otak Anda

   •    Rabu, 29 Jul 2015 19:57 WIB
kesehatan
Hati-hati! Kebiasaan Ini Bisa Merusak Otak Anda
Ilustrasi (Foto: mbc.net)

Metrotvnews.com: Jika Anda telah mulai sering membuat kesalahan bahkan tidak mampu berpikir secepat dan kreatif seperti yang biasa Anda lakukan beberapa tahun yang lalu, itu adalah indikasi yang jelas bahwa Anda mengalami penurunan memori.

Bukan rahasia bahwa setiap orang pasti mengalami stres. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kesehatan. Dan Anda harus menyadari bahwa organ yang paling terpengaruh akibat stres dalam jangka panjang adalah otak.

Berikut adalah 10 kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan kerusakan otak dan secara bertahap membuat Anda menjadi bodoh

1. Berpikir terlalu keras ketika sakit
Dokter menyarankan istirahat ketika Anda sakit, dan bahkan jika Anda merasa baik-baik saja. Karena apa? Selama Anda sakit otak bekerja lembur. Jika Anda mengalami infeksi, otak akan mengirimkan sinyal ke kelenjar getah bening untuk melawan infeksi. Contohnya selama demam, suhu tubuh sudah tinggi dan jika otak dipaksa untuk berfungsi, tidak hanya akan memperburuk suhu tubuh Anda, tetapi juga bisa membuat otak menjadi panas juga. Makanya, ketika tidak enak badan, Anda harus mengusahakan untuk tetap tenang dan tidur siang.

2. Melewatkan sarapan
Meskipun Anda mungkin merasa tergoda untuk  melewatkan sarapan, ingat suatu saat nanti kebiasaan itu sangat berbahaya dalam jangka panjang. Ini akan menghalangi asupan nutrisi pada otak Anda sehingga bisa menyebabkan kekurangan gizi. Tidak makan di pagi hari juga dapat menurunkan tingkat gula darah, sehingga menghabiskan nutrisi penting pada otak. Dalam jangka panjang, secara perlahan otak Anda akan mengalami kerusakan

3. Terlalu banyak makan
Makan berlebihan terbukti berbahaya bagi otak Anda. Makan lebih dari apa yang dibutuhkan tubuh Anda dapat membingungkan otak dan menyebabkan ketidakseimbangan dalam produksi insulin. Tidak hanya itu saja, ini juga dapat menyebabkan obesitas dan diabetes, juga dapat menyebabkan pengerasan arteri yang mengarah ke penurunan fungsi mental secara bertahap.

4. Dehidrasi
Otak Anda sebagian besar berisi air dan ketika Anda memutuskan untuk duduk di ruangan ber-AC terlalu lama dan tidak minum cukup air, sel-sel dalam tubuh Anda akan mulai menyusut. Saat kekurangan air, tubuh akan mengambil cairan dari otak, sehingga menyebabkan volume otak Anda menyusut. Tidak ada orang yang pintar dengan otak yang kering karena kekurangan asupan air.

5. Terlalu banyak gula
Anda mungkin menyukai kue, tetapi jika Anda ingin tetap memiliki memori yang bagus, maka Anda perlu mengurangi asupan gula. Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat gula darah yang tinggi secara konsisten dapat membahayakan memori dan kemampuan belajar Anda. Dengan kata lain, makan terlalu banyak gula bisa membuat Anda bodoh.

6. Stres
Kita semua tahu stres tidak baik untuk tubuh. Tapi kerugian terbesar itu ada pada otak. Ketika Anda stres, ginjal Anda akan memproduksi hormon yang disebut kortisol yang pada gilirannya dapat membunuh sel-sel otak jika diproduksi secara berlebihan.

7. Kurang tidur
Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan memori pada otak menurun, yang akhirnya akan membuat Anda menjadi seorang pelupa atau bahkan bodoh. Maka dari itu, penting untuk memiliki kualitas tidur yang cukup selama delapan jam setiap harinya

8. Merokok
Merokok mengacaukan banyak hal dalam tubuh, salah satunya adalah otak. Telah ditemukan (dalam sebuah penelitian di McGill University) bahwa merokok menyebabkan penipisan korteks dari waktu ke waktu. Singkat cerita, merokok menyebabkan memori dan kemampuan berbahasa Anda rusak dalam jangka panjang. Mulailah dari sekarang berhenti merokok. (Sumarni/ India Times)


(AWP)