Butuh Puluhan Liter Solar Alirkan Air ke Sawah di Cirebon

Sobih AW Adnan    •    Rabu, 29 Jul 2015 20:20 WIB
kekeringan
Butuh Puluhan Liter Solar Alirkan Air ke Sawah di Cirebon
Petani di Kabupaten Cirebon hanya bisa pasrah sawah yang ditanaminya tak bisa panen. Foto: MTVN/Sobih

Metrotvnews.com, Cirebon: Ratusan petani di Desa Ciawi Asih, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mengalami gagal panen akibat kekeringan dan serangan hama.

Kekeringan yang melanda sejak April lalu ini juga mengharuskan petani membeli puluhan liter solar untuk dapat mengalirkan air ke lahan garapannya.
 
“Kami memompa air dari sumur pantek yang tersedia. Dalam satu minggu harus memompa sebanyak dua sampai tiga kali, sementara butuh lebih dari 10 liter solar untuk sekali memompa,” ujar Marsa, salah satu petani di desa setempat, kepada Metrotvnews.com, Rabu (29/7/2015).
 
Sementara itu, Kuwu (Kepala) Desa Ciawi Asih, M. Suyud, mengatakan jumlah keseluruhan lahan pertanian di desanya mencapai sekitar 70 hektare. Dari lahan seluas itu, para petani hanya mendapatkan 1 hingga 3 karung hasil panen untuk setiap hektarnya.
 
“Jika bagus pun hanya mendapat sekitar 3,5 ton per hektar,” kata Suyud.

Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan (Distanbunakhut) Kabupaten Cirebon, Muhidin, mengaku selama ini telah mengupayakan bantuan untuk menanggulangi kekeringan.

Menurutnya, Distanbunakhut sudah menyalurkan 360 unit pompa dan ratusan sumur pantek yang disebar ke 180 wilayah kelompok tani di Kabupaten Cirebon.


(UWA)