Siapakah Gerangan Ahmad Fathanah?

- 08 Mei 2013 13:01 wib
ANTARA/Rosa Panggabean/rj
ANTARA/Rosa Panggabean/rj

Metrotvnews.com, Jakarta: Ahmad Fathanah terus menjadi buah bibir.  Sosok itu seakan masih menjadi misteri.

Dengan sederet saksi dan harta yang disita KPK, sepak terjang Fathanah pun terurai satu per satu.

Sejak tertangkap tangan KPK menerima suap dari perusahaan importir daging, Januari silam. Kala itu, dia tertangkap bersama Maharani. Mahasiswi belia itu pun dapat tip dari Fathanah Rp10 juta.

Titik terang pun muncul, ketika KPK turut mencokok mantan presiden Luthfi Hasan Ishaaq dalam kasus yang sama. Kedekatan Fathanah dan Luthfi diketahui terjadi sejak keduanya menjadi santri Gontor dan kuliah di Riyadh, Arab Saudi.

Nama asli Fathanah adalah Olong Ahmad Fedeli Luran yang tercantum dalam akta perusahaan yang dijalankan bersama Luthfi Hasan Ishaaq.
 
Meski PKS berulang kali membantah soal Fathanah, KPK seakan terus mencari keterlibatan pihak lain.

Pasalnya, korupsi seringkali tidak berdiri sendiri. Misalnya, saja rencana KPK memanggil presiden PKS Anis Matta, minggu ini. Dugaannya, penyidik menemukan sertifikat tanah atas nama istri Anis ketika menangkap tangan Fathanah di hotel akhir Januari lalu.
 
Di sisi lain, pihak keluarga Fathanah di Makassar tidak mau terkait dengan perilaku Fathanah.
 
Sebulan disidik perihal kasus suap, KPK menambah jerat hukum Fathanah dengan pasal pencucian uang. Indikatornya pemanggilan artis Ayu Azhari yang mengembalikan uang muka dari Fathanah sebesar Rp38 juta.

Dan juga Wali Kota Makassar Ilham Arif Sirajudin yang mengaku ada uang pemenangan pilgub sulsel 2012 yang diberikan kepada Fathanah.
 
Harta kekayaan Fathanah bisa ditelisik dari 4 mobil yang disita KPK, termasuk sejumlah barang mewah yang diberikan kepada model cantik nan seksi Vitalia Sesha dan istrinya Sefti Sanustika dan Tri Kurnia.
 
Selain itu, KPK seakan masih terus mencari pundi-pundi uang Fathanah ke daerah lain. Mulai dari Banten hingga ke Kalimantan. (Rizi Maoulda)

()

Bakal calon presiden dari PDIP, Joko Widodo. -- Surya Perkasa

Teka-Teki Deklarasi Cawapres Jokowi

24 April 2014 21:51 wib

JOKOWI suguhkan teka-teki tentang cawapresnya.