Hindari Ini Saat Sakit Punggung

   •    Kamis, 30 Jul 2015 10:00 WIB
kesehatan
Hindari Ini Saat Sakit Punggung
Hindari posisi yang tak tepat saat nyeri punggung (foto:medflicks.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nyeri punggung kerap dialami oleh hampir semua orang, dan disebabkan karena berbagai macam faktor. Tapi, Anda perlu tahu jika nyeri tulang belakang diabaikan bisa menyebabkan Anda mengalami masalah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Penelitian menunjukkan bahwa nyeri punggung bawah adalah kondisi umum yang mempengaruhi sebanyak 80-90 persen dari orang selama hidup mereka. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa yang harus dihindari saat Anda mengalami sakit punggung.

1. Hindari stres

Panik dan stres terjadi ketika seseorang memiliki masalah yang berat dan tidak mampu dihadapi. Jika Anda sedang nyeri punggung kemudian Anda stres, itu mungkin akan menyebabkan penyakit Anda semakin parah hingga bisa mengakibatkan kejang otot serta membuat postur tubuh melemah. Biasanya, sakit punggung Anda baru bisa diobati dengan obat-obatan tertentu atau dengan rehabilitasi fisik. Panik, stres bahkan cemas hanya semakin memperburuk keadaan, makanya Anda perlu menghindarinya.

2. Bergerak pasif

Memang wajar berbaring selama sakit punggung. Namun, apabila Anda hanya berbaring selama 2-3 hari itu malah memperburuk kondisi Anda dan memperlambat pemulihan. Dikatakan bahwa cakram yang berfungsi sebagai penghilang syok antara tulang belakang itu mendapatkan nutrisi dari gerakan. Dengan demikian, gerakan ini diperlukan untuk kelangsungan hidup cakram agar tidak membuat punggung Anda semakin sakit. Bergerak lah secara aktif untuk bisa membuat cakram Anda berfungsi semestinya.

Selain itu, Anda perlu memulai rehabilitas fisik sesegara mungkin untuk memperkuat otot perut dan punggung. Hal ini akan memberikan dukungan yang lebih baik untuk tulang belakang Anda, memperbaiki postur tubuh Anda, mempercepat pemulihan dan mencegah rasa sakit nantinya.

3. Hindari posisi yang tidak tepat

Hindari membungkuk berlebihan, mengangkat beban, duduk atau berbaring dalam posisi yang tidak tepat. Ini posisi normal yang menyebabkan banyak tekanan pada tulang belakang, sehingga cakram dapat memperburuk sakit punggung Anda. Postur tubuh yang benar saat bergerak itu penting untuk menghindari cedera atau sakit punggung Anda semakin parah.

4. Jangan langsung memijatnya

Memijat dengan menggunakan krim dan salep merupakan metode yang cukup populer untuk dicoba dalam mengobati sakit punggung di rumah. Meskipun bagus, solusi ini hanya mampu menyembuhkan sementara dan sakit punggung Anda bisa dengan mudah datang kembali jika yang dipijat bukan di tempat yang benar. 

Maka dari itu, Anda perlu bantuan dari spesialis tulang belakang untuk mendapatkan diagnosa yang benar. Selanjutnya, tergantung pada tukang pijat yang Anda pilih untuk "memperbaiki" sakit punggung Anda. Pastikan Anda mendapatkan orang yang sudah mahir, karena kalau tidak, punggung Anda akan semakin nyeri.

5. Jangan terburu-buru melakukan scan MRI

Scan MRI akan menunjukkan perubahan struktural dalam tulang belakang, tetapi mungkin tidak menunjukkan penyebab sakit punggung Anda. Bahkan, dalam sebagian besar pasien dengan nyeri punggung, MRI mungkin menunjukkan hal lain yang mungkin tidak berhubungan dengan rasa sakit Anda. 

Beberapa studi ilmiah seperti Pedoman Eropa Baru, menyimpulkan bahwa scan MRI hanya disarankan bila pasien memiliki gejala tertentu yang spesifik, seperti neoplasma dan tidak harus dilakukan secara rutin untuk nyeri punggung bawah. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan yang tidak perlu pada seseorang yang baru terkena sakit punggung.

6. Operasi bukan pilihan terbaik

Meskipun operasi tulang belakang mungkin tampaknya menjadi solusi tercepat untuk sakit punggung Anda, itu biasanya diperlukan dalam beberapa kasus yang memang sudah parah, terutama jika pengobatan non-bedah seperti rehabilitasi fisik yang tepat setidaknya selama dua tahun telah gagal untuk mengurangi rasa sakit. 

Sementara operasi memang dapat memperbaiki masalah anatomi tertentu, seperti sendi yang menekan saraf, yang membuat otot melemah. Tapi tenang saja, postur yang buruk karena nyeri punggung masih dapat diobati melalui latihan yang rutin atau mengikuti program rehabilitasi. Oleh karena itu, operasi harus menjadi pilihan terakhir dalam pengobatan untuk sakit punggung Anda. (Sumarni/ India Times)


(LOV)