Berantas IMB Palsu, DKI Minta Bantuan Polisi

Wanda Indana    •    Kamis, 30 Jul 2015 10:55 WIB
pemalsuan dokumen
Berantas IMB Palsu, DKI Minta Bantuan Polisi
Bangunan disegel karena didirikan tanpa IMB. (Foto: Antara/Maril Gafur)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meminta bantuan Polda Metro Jaya untuk menindak oknum yang membuat dan mengeluarkan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) palsu.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya akan memperketat pengawasan terhadap bangunan-bangunan yang mengantongi IMB palsu. Pihaknya akan kerja sama dengan polisi mencari oknum yang bermain menerbitkan IMB abal-abal.
 
"Pelan-pelan kita beresin. Dulu banyak sekali calo. Kita akan kerja sama dengan polisi agar ada efek jera," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2015).
 
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengimbau semua pihak melaporkan kepada Pemprov DKI bila menemukan bangunan dengan IMB palsu. "Kalau menemukan ada IMB palsu, tolong jangan takut sampaikan kepada kita. Nanti ditindaklanjuti, kita sidik," kata Djarot, 28 Juli lalu.
 
Djarot menegaskan, pihaknya akan mengambil langkah tegas terhadap oknum PNS yang kedapatan terlibat penertiban IMB palsu. Pihaknya akan mencopot jabatan PNS yang ikut bermain dalam pengurusan IMB palsu.
 
"Kita cari akar penyebabnya dulu, kenapa IMB itu palsu. Kadang ada oknum PNS yang mematok harga.Warga yang datang urus IMB belum apa-apa sudah diminta uang. Kalau ada buktinya, langsung kita pecat," tegas dia.
 


(FZN)