Malaysia Airlines MH370

Nomor Seri BB670, Kunci dalam Menguak Misteri MH370

Fajar Nugraha    •    Kamis, 30 Jul 2015 12:57 WIB
malaysia airlines
Nomor Seri BB670, Kunci dalam Menguak Misteri MH370
Bagian pesawat yang diduga berasal dari Malaysia Airlines MH370 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Reuinon: Penemuan puing yang diduga sebagai bagian dari pesawat Malaysia Airlines MH370 mengundang tanya. Nomor seri BB670 menjadi kunci penguak misteri ini.

Angka BB670 itu tampak jelas dalam bagian puing yang ditemukan di Pulau Renuion, Prancis, Rabu (29/7/2015).

Menurut mantan penyelidik National Transport Safety Bureau (NTSB) Greg Feith, setiap manufaktur menyertakan data di setiap bagian dari pesawat. Namun tidak seperti bagian pesawat seperti baut.

"Ini bisa saja nomor bagian alat, nomor seri, bar code atau informasi lain," ujar Feith, seperti dikutip Wired, Kamis (30/7/2015).

"Jika data ada di sana, sangat mudah untuk mengetahui tipe pesawat," lanjutnya.

Sedangkan ahli keamanan penerbangan Xavier Tytelman mengatakan, foto dari puing itu menunjukkan kesamaan luar biasa antar flaperon Boeing 777 dengan puing yang ditemukan di Pulau Reunion. Puing itu diketahui berukuran panjang 2,7 meter dan lebar satu meter dan sepertinya sudah berada di dalam air dalam waktu lama.

Pihak biro keamanan udara Prancis (BEA) mengatakan masih mempelajadi informasi dari puing pesawat yang ditemukan di Reunion. Mereka juga terus melakukan koordinasi dengan pihak Malaysia.

"Bukan tidak mungkin bahwa kita bisa mendapatkan kepastian dari Boeing 777 atau bukan, dan dari MH370 atau bukan, dalam hitungan jam," sebut pejabat Prancis itu.

Sementara Tytelman memberikan jawaban mengenai nomor BB670. "Kode ini bukan nomor registrasi pesawat atau pun nomor seri," ucap Tytelman.

Terlepas dari semua spekulasi, menurut Tytelman melalui referensi BB670 akan mempercepat proses identifikasi. Dalam dua hari terakhir kita akan menemukan jawabannya.
 


(FJR)