50.000 Bunga Untuk Mengenang 125 Tahun Kematian Van Gogh

Putu Radar Bahurekso    •    Kamis, 30 Jul 2015 13:08 WIB
lukisan van gogh
50.000 Bunga Untuk Mengenang 125 Tahun Kematian Van Gogh
Acara 125 tahun mengenang kematian Van Gogh di Amsterdam (Foto: getty image)

Metrotvnews.com, Amserdam: 125 tahun yang lalu tepatnya, 29 Juli 1890, Vincent Van Gogh, pelukis post-impressionist asal Belanda, meninggal dengan cara bunuh diri di usianya yang ke-37.

Masyarakat Amsterdam memberikan penghargaan untuk Van Gogh dengan cara membuat foto dirinya dengan menggunakan bunga. Lebih dari 50.000 bunga dahlia digunakan untuk membuat foto tersebut. Pemilihan bunga sebagai material utama bukan tanpa alasan, pelukis eksentrik itu terkenal sering menggunakan bunga sebagai objek lukisannya.  Selain itu, mereka juga menghias sebuah jalan agar menyerupai lukisan milik Van Gogh yang berjudul Starry Night.

Selain di Belanda, di Prancis tepatnya di desa Auvers-Sur-Oise, tempat dimana Van Gogh menghabiskan sisa hidupnya, juga melakukan sebuah kegiatan untuk mengenang pelukis tersebut. Di desa tersebut diadakan napak tilas dengan mendatangi tempat-tempat yang pernah menjadi sumber inspirasi karya-karya Van Gogh.

Kedua acara di Belanda dan di Prancis tersebut diselenggarakan atas kerjasama Van Gogh Museum di Amsterdam dan Institut Van Gogh di Auvers-Sur-Oise.

Selain itu, The Van Gogh Europe Foundation juga ikut memperingati hal ini melalui berbagai acara dengan tema “125 Years of Inspirations”. Acara ini akan diselenggarakan di berbagai negara seperti Belanda, Belgia, Prancis, dan tempat-tempat yang pernah disinggahi oleh Van Gogh.

Van Gogh Museum juga merilis The Vincent van Gogh Atlas pada 29 Juli 2015 kemarin, untuk menunjukkan perjalanan Van Gogh dari kampung halamannya di Zundert di Belanda hingga Auvers-sur-Oise di Prancis.


(AWP)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

14 minutes Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA