Makanan Sehat Bisa Timbulkan Penyakit?

   •    Kamis, 30 Jul 2015 13:09 WIB
kesehatan
Makanan Sehat Bisa Timbulkan Penyakit?
Sayuran hijau jika tak dicuci benar akan ada banyak kuman. (Foto:huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rentang hidup Anda tergantung pada makanan apa yang Anda makan, karena makanan memiliki kecenderungan untuk mendefinisikan tentang hidup dan kesehatan Anda. Jika Anda salah makan maka itu bisa membuat Anda mudah terserang risiko penyakit.

Ada beberapa makanan tertentu yang berpotensi berisiko timbulkan penyakit, bahkan makanan yang Anda anggap sehat sekalipun. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda perlu menyadari makanan apa yang menurut Anda baik dan tidak. Dan berikut adalah daftar sembilan makanan yang berpotensi memicu penyakit jika dikonsumsi berlebihan dan diolah tidak benar.

1. Sayuran berdaun hijau

Bahan utama dari salad dan sandwich sudah pasti sayuran hijau karena bagus untuk kesehatan. Namun, apabila Anda mencucinya tidak bersih, sayuran-sayuran hijau itu mudah tercemar oleh kotoran dan bakteri yang tidak dapat diddeteksi oleh mata manusia. Oleh karena itu, perlu untuk selalu mencuci sayuran ini dengan air hangat dengan benar sebelum digunakan.

2. Telur

Bakteri salmonella suka sekali berada dalam telur. Hal ini dapat menyebabkan Anda keracunan makanan atau bahkan tipus jika telur yang Anda makan tidak dimasak dengan benar. Tidak hanya itu saja, yang lebih buruk lagi Anda mungkin akan terserang penyakit tiroid.

3. Daging

Daging mentah memiliki afinitas tinggi yang mengandung kuman yang sistem kekebalan tubuh Anda tidak dapat selalu melawan itu. Oleh karena itu, Anda sangat tidak dianjurkan untuk memakan daging mentah. Pastikan daging yang Anda makan sudah Anda masak sebelumnya.

4. Kentang

Sekali lagi, kentang, bila dimakan dalam salad, biasanya dalam bentuk agak mentah dan memiliki kecenderungan untuk mentransfer kuman seperti Shigella, E. coli, dan lain-lain ke dalam tubuh Anda. Solusinya Anda hanya perlu mencucinya hingga bersih dan memasaknya hingga matang.

5. Keju

Keju bisa menjadi sangat berbahaya bagi wanita hamil karena keju mengandung bakteri Salmonella atau Listeria yang dapat menyebabkan keguguran. Jadi jika bisa, saat Anda hamil untuk menghindari mengonsumsi makanan keju.

6. Es krim

Kebanyakan es krim yang terbuat dari susu mentah atau telur mentah yang merupakan penyebab alami untuk transfer kuman. Apalagi jika Anda memakannya dengan porsi yang berlebihan bisa menyebabkan Anda rentan penyakit. Tapi, tidak masalah untuk makan es krim sekali-kali.

7. Kecambah

Ini sangat rentan terhadap bakteri. Ketika disimpan dalam air selama berhari-hari, kecambah menjadi lokomotif bagi banyak kuman. Caranya adalah dengan tumis kecambah ini sedikit sebelum makan untuk menjaga kesehatan Anda agar tetap aman.

8. Susu mentah

Pernah bertanya-tanya mengapa ibu Anda selalu memanaskan susu kembali setelah membelinya dari toko? Jika iya, itu karena ibu Anda melakukan proses pemanasan susu mentah sangat penting karena panas bisa membunuh kuman yang sudah ada dalam susu mentah. (Sumarni/ India Times)


(LOV)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

3 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA