Suap di Kemendag

Tak Hanya Periksa Partogi, Penyidik Polda Metro Juga Gelar Perkara

Lukman Diah Sari    •    Kamis, 30 Jul 2015 14:29 WIB
suap di kemendag
Tak Hanya Periksa Partogi, Penyidik Polda Metro Juga Gelar Perkara
Ilustrasi Penyidik Polda Metro Jaya--MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan nonaktif Partogi Pangaribuan tengah diperiksa Polda Metro Jaya. Hingga saat ini periksaan masih berlangsung.

"Ya masih dalam proses pemeriksaan di Subdit Tipikor," kata Kasubdit V Tipikor Dit Reskrimsus AKBP Adjie Indra Dwiatma, Kamis (30/7/2015).

Selain memeriksa Partogi, penyidik juga melakukan olah gelar perkara. "Iya ini juga dilakukan gelar perkara," jelasnya.

Partogi tiba di Ditkrimsus, Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, sekitar pukul 09.00 WIB. Dia datang didampingi kuasa hukumnya. Namun, tak ada sepatah kata meluncur dari Partogi.

Partogi dipanggil menjadi saksi dalam penyidikan dugaan korupsi di Kementerian Perdagangan. Dia diduga akan dikorek keterangan seputar temuan uang USD42 ribu dan SGD4 ribu.

Uang tersebut ditemukan dalam penggeledahan di Lantai 9, Kantor Kemendag, Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Selasa lalu. Dari hasil pemeriksaan, salah seorang tersangka menyebut duit tersebut milik seseorang berinisial P.

"Uang sejumlah USD 40 ribu yang dikatakan uang itu bukan punya dia (saksi), tapi atasan, atas nama P," jelas Direksrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Khrisna Murti, Rabu kemarin.

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karniavan mengungkapkan sebanyak tiga orang telah ditetapkan tersangka, yakni seorang broker N, pekerja harian lepas di Kementrian Perdagangan MU, dan Kasubdit di Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan I.


(YDH)