Besok, Polisi Periksa Tersangka Kasus Cetak Sawah

Meilikhah    •    Kamis, 30 Jul 2015 15:31 WIB
dahlan iskan
Besok, Polisi Periksa Tersangka Kasus Cetak Sawah
Lambang Bareskrim Polri. Antara Foto/Reno

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri akan memeriksa tersangka kasus sawah fiktif yang digagas Kementerian BUMN, Jumat 31 Juli. Penyidik baru menetapkan satu tersangka, yakni Asisten Deputi Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) Kementerian BUMN yang juga Kepala Proyek inisial URW.

"Besok tersangka kami periksa," kata Kasubdit III Direktorat Tipikor Bareskrim Polri, Kombes Cahyono Wibowo, di Jakarta, Kamis (30/7/2015).

Kombes Cahyono menjelaskan, penyidik Polri menyelidiki kasus cetak sawah fiktif selama lima bulan. Beberapa hari lalu, penyidik akhirnya menetapkan tersangka. Penyidik menyita uang dari proyek ini Rp69 miliar dari total nilai proyek Rp360 miliar.

Dia menjelaskan, proses pengadaan sawah fiktif diawali dengan adanya kebijakan untuk meningkatkan produksi pangan di daerah Kalimantan Barat. Kemudian URW langsung ditunjuk sebagai pelaksana atau Ketua Tim Kerja. Dari sana ada fakta bahwa proses perencanaan dan pekerjaan proyek tersebut tak melalui mekanisne yang diatur dalam undang-undang.

"Sementara, untuk hasilnya beberapa sawah yang sudah dicetak itu belum bisa digunakan. Dari 40 ribu hektare baru 10 ribu hektate yang dibuat, tapi belum bisa digunakan," jelasnya.


(TRK)

Berbalut Rompi Oranye, Novanto Jalani Sidang Perdana

Berbalut Rompi Oranye, Novanto Jalani Sidang Perdana

42 minutes Ago

Novanto tiba di Pengadilan Tipikor Jakarta pada pukul 09.40 WIB. Ia mengenakan kemeja putih dib…

BERITA LAINNYA