Pemkab Sleman Klaim Hanya 3 Desa yang Kekeringan

Patricia Vicka    •    Kamis, 30 Jul 2015 15:59 WIB
kekeringan
Pemkab Sleman Klaim Hanya 3 Desa yang Kekeringan
Ladang warga Dusun Mlakan, Desa Sambirejo, Sleman, yang kering akibat musim kemarau. Foto: MTVN/Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kekeringan yang melanda Kabupaten Sleman diklaim tak merata. Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan (DPPK) Sleman, Widi Sutikno, mengatakan hanya tiga desa di Sleman yang mengalami kekeringan.

"Hanya tiga desa di daerah Ngemplak dan Ngaklik yang mengalami kekeringan. Itu pun tidak semua wilayah tiga desa yang kekeringan. Total hanya empat hektare yang kering," ucapnya saat dihubungi, Kamis (30/7/2015).

Untuk menghemat air, ia menyarankan, warga yang daerahnya dilanda kekeringan menanam palawija daripada padi. "Kami sudah sampaikan masyarakat jangan menanam padi dahulu. Tapi, beralihlah menanam palawija, seperti jagung, tembakau, atau kedelai. Karena palawija tidak butuh banyak air," tegasnya.

Kekeringan melanda sejumlah desa di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sejak dua bulan lalu sumber mata air warga mulai berkurang bahkan mengering.

Untuk membantu mengatasi kekurangan air, pemkab Sleman menyiapkan 60 pompa air. Widi mengatakan, pompa-pompa air ini akan membantu mengalirkan air dari sumber mata air ke wilayah yang mengalami kekeringan.

"Ada beberapa daerah di Sleman yang masih ada sumber air, namun tidak bisa diangkat naik karena tidak ada pompa. Maka, kami bantu fasilitasi dengan pompa. Asal masih ada sumber airnya," ujar Widi.

Sebanyak 60 pompa air itu akan diberikan ke daerah yang mengalami kekeringan. "Kita masih mendata daerah mana yang membutuhkan pompa ini. Karena tidak semua daerah mendapatkannya. Hanya yang membutuhkan air saja yang kami beri," tuturnya.


(UWA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

19 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA