Desember, e-KTP Warga Jakarta Rampung

Selamat Saragih    •    Kamis, 30 Jul 2015 16:35 WIB
metropolitan
Desember, e-KTP Warga Jakarta Rampung
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Foto: Hafidz Mubarak/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemprov DKI Jakarta menargetkan perekaman data e-KTP tuntas tahun ini. Data kependudukan ini bakal dijadikan acuan pada pilkada DKI Jakarta 2017. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menuturkan apabila perekaman tuntas, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI bisa menerbitkan data pemilih yang tepat dan akurat berdasarkan perekaman data e-KTP. 

Djarot menegaskan, akhir tahun ini pihaknya menargetkan perekaman bagi warga Jakarta yang belum memiliki e-KTP rampung. Agar pada saat penyelenggaraan Pilkada DKI tahun 2017 tidak terjadi duplikasi data pemilih yang berujung timbulnya keributan antarpasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI.

“Tahun ini, e-KTP harus selesai. Jadi Pilkada 2017 tidak ribut-ribut lagi ada duplikasi data pemilih. Saya instruksikan Dinas Dukcapil DKI agar menyelesaikan semua masalah perekaman e-KTP. Saya ingin Desember, semua warga DKI Jakarta sudah memiliki e-KTP,” kata Djarot.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Edison Sianturi, mengatakan, pihaknya akan segera mengedarkan data penduduk yang belum mempunyai e-KTP DKI. Diperkirakan sebanyak 800 ribu dari 10 juta jiwa penduduk Jakarta belum terekam datanya dan memiliki e-KTP.

“Kita akan segera melakukan perekaman data untuk mengeluarkan e-KTP DKI bagi 800 ribu warga Jakarta yang belum memiliki e-KTP,” kata Edison.

Pada Agustus ini, jelasnya, Dinas Dukcapil DKI Jakarta akan mendapatkan blanko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri sebanyak 1,5 juta lembar.

“Kita akan edarkan datanya ke lurah. Nanti lurah kami minta untuk mengedarkan ke RT dan RW. Tahun ini, kita bisa selesaikan perekaman dan penyelesaian pencetakan e-KTP di Jakarta,” jelasnya.



(KRI)