Ini Dampak Positif El Nino di Perairan Indonesia

Intan fauzi    •    Kamis, 30 Jul 2015 16:38 WIB
cuaca buruk
Ini Dampak Positif El Nino di Perairan Indonesia
Andi Eka Sakya dan Indroyono Soesilo----MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Fenomena El Nino ternyata tak hanya menimbulkan dampak negatif. El Nino pun punya dampak positif terhadap beberapa sektor.

Kepala BMKG Andi Eka Sakya menyebut, ada dua dampak positif el nino. Pertama, el nino membuat lautan Indonesia mengalami pendinginan yang menyebabkan potensi panen ikan melimpah.

"Karena ada proses pendinginan di lautan Indonesia, ada proses penumbuhan klorofil terutama di barat Sumatera dan selatan Jawa. Kemudian itu menimbulkan potensi panen ikan yan berlimbah. Tentu saja memberikan gambaran untuk mempersiapkan cold storage untuk ikan tersebut," kata Andi saat konferensi pers di Kantor BMKG, Jalan Angkasa I, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2015).

Dampak positif kedua, kata Andi, pengusaha tambak garam juga akan kebagian untung. "Dengan proses kekeringan tambak garam memiliki kesempatan untuk melakukan panen garam yang berlimpah. Perusahan garam harus mengambil kesempatan agar panen garam cukup bagus," jelas Andi.

El nino adalah fenomena hilangnya uap air secara signifikan yang masuk ke wilayah Indonesia yang kemudian terjadi pemanasan secara signifikan di wilayah pasifik tengah dan pasifik timur. Tak adanya uap air menyebabkan curah hujan berkurang sehingga beberapa wilayah di Indonesia mengalami kekeringan.


(TII)