Pilkada Surabaya 2015

Baru PKB Rekomendasikan Bakal Calon Wali Kota Surabaya

Amaluddin    •    Kamis, 30 Jul 2015 17:08 WIB
pilkada serentak
Baru PKB Rekomendasikan Bakal Calon Wali Kota Surabaya
Deklarasi Koalisi Majapahit untuk Pilkada Surabaya, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan bagian dari Koalisi Majapahit dalam Pilkada Surabaya, Jawa Timur, 2015. PKB merupakan partai pertama yang mengajukan calon untuk menjegal calon petahana Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana.

PKB merekomendasikan pasangan Syamsul Arifin-Vinsensius Awey. Namun hingga pendaftaran tahap pertama ditutup pada 29 Juli 2015, PKB tak mendaftarkan pasangan tersebut ke KPU Surabaya.

Sementara itu, lima partai lain belum menyerahkan rekomendasi. Hingga berita ini dimuat, Kamis 30 Juli, Koalisi Majapahit pun masih menunggu hasil rekomendasi kelima partai.

"Kami hanya bisa menunggu rekomendasi dari DPP di masing-masing partai," ujar Ketua Tim Kerja Koalisi Majapahit, AH Thony, di Surabaya.

Menurut Thony, sejumlah ketua DPC dari masing-masing parpol yang tergabung dalam KM berangkat ke Jakarta guna mempertanyakan soal rekomendasi bakal calon masing-masing. Tapi perkembanganya belum jelas.

Thony mengaku KM tidak dapat memaksa partai untuk mengeluarkan rekomendasi. Sebab, itu wewenang partai masing-masing.

"Jika nanti sudah ada rekomendasi, tentu akan kami bicarakan lagi di internal KM. Kalau sesuai kriteria, kami akan mengusung dan mendaftarkannya ke KPU. Jika tidak sesuai, kami tidak bakal mengusungnya," jelas politikus Partai Gerindra itu.

Sebelumnya, KM memverifikasi empat nama yang diusungkan menjadi bakal calon Wali Kota Surabaya. Yaitu Dhimam Abror, Sukoto, Soetjipto Joeangga dan Syamsul Arifin. Empat nama pun diverifikasi sebagai bakal calon wakil wali kota yaitu Basa Alim Tualeka, Siswandi, M Machmud, dan Ahmad Suyanto.

Namun saat KPU membuka pendaftaran pada 26 hingga 28 Juli, tak satupun dari nama-nama itu mendaftar sebagai wali kota dan wakil wali kota. KPU pun melakukan sosialisasi pendaftaran calon mulai 29 hingga 31 Juli. Lalu pada 1 hingga 3 Agustus, KPU kembali membuka pendaftaran tahap II.


(RRN)