Sekretaris Fraksi PAN Nilai Perppu Calon Tunggal Belum Perlu

Antara    •    Kamis, 30 Jul 2015 17:17 WIB
pilkada serentak
Sekretaris Fraksi PAN Nilai Perppu Calon Tunggal Belum Perlu
Yandri Susanto. Foto: Susanto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Fraksi PAN DPR Yandri Susanto menilai wacana perppu untuk mengatasi kekisruhan adanya calon tunggal pada pilkada serentak belum perlu. Menurutnya, kondisi saat ini tidak krusial untuk penerbitan perppu. 

"Keluarnya Perppu harus ada syarat adanya kegentingan nasional. Nah apakah beberapa daerah calon tunggal itu udah memenuhi untuk dikeluarkan perppu," kata  Yandri di Jakarta, Kamis (30/7/2015) seperti dikutip Antara.

Yandri menilai Presiden Joko Widodo harus berhati-hati. Jangan sampai calon tunggal jadi modus menjadikan proses demokrasi tidak sehat. Menurut dia, Presiden Joko Widodo tidak bisa sembarangan mengeluarkan perppu calon tunggal tersebut.

"Apabila pilkada di satu daerah hanya terdapat satu pasangan calon kepala daerah sudah jelas diatur yaitu mengacu pada PKPU Nomor 12 Tahun 2015 tentang pencalonan kepala daerah," ujarnya.

Menurut dia hingga saat ini payung hukum untuk calon tunggal dalam pilkada serentak adalah PKPU Nomor 12 Tahun 2015 dan KPU sudah mengaturnya akan diundur hingga 2017.

Sebelumnya anggota Komisioner KPU, Ida Budiarti menilai bahwa perppu merupakan kewenangan pemerintah. Hal itu, menurut dia, tergantung kesimpulan pemerintah apakah syarat menerbitkan perppu sudah terpenuhi atau belum.

"Tergantung bagaimana kesimpulan dari pemerintah, apakah syarat untuk menerbitkan perppu itu terpenuhi," katanya di Jakarta, kemarin. 

Ida mengatakan jika memang pemerintah perlu mengeluarkan perppu, maka KPU sebagai lembaga yang memiliki tugas sebagai penyelenggara pemilihan akan tunduk pada ketentuan UU.


(KRI)

KPK Dalami Dugaan Keterlibatan Tiga Politikus PDIP di Kasus KTP-el

KPK Dalami Dugaan Keterlibatan Tiga Politikus PDIP di Kasus KTP-el

1 hour Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mengusut pihak-pihak lain yang diduga terlibat kasus k…

BERITA LAINNYA