Polisi Akhirnya Tetapkan Tersangka Pemalsu IMB

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 30 Jul 2015 17:40 WIB
pemalsuan dokumen
Polisi Akhirnya Tetapkan Tersangka Pemalsu IMB
Eko Supriyanto menunjukkan dokumen IMB palsu yang diduga kuat dibuat oknum PNS. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Kasus pemalsuan dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sempat beredar di Brebes, Jawa Tengah, sudah memasuki proses penyidikan tahap satu.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Brebes, AKP Fadli, mengaku telah menetapkan tersangka oknum pegawai negeri sipil yang diduga kuat terlibat dalam pemalsuan dokumen bodong itu.

“Nanti minggu depan kita panggil dia sebagai tersangka dan mungkin langsung kita amankan (tahan),” kata Fadli, Kamis (30/7/2015).

Sebelumnya, polisi telah memanggil sejumlah saksi dari Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) setempat untuk dimintai keterangan. Bahkan, antara satu saksi dengan saksi lain sudah dikonfrontasi.

“Alat bukti sudah cukup. Mereka sudah dikonfrontasi. Sebenarnya, ada satu tersangka lagi, namun pelaku sudah meninggal dunia. Jadi, ini bisa jadi tersangka tunggal,” kata Fadli yang belum mau menyebutkan nama tersangka.

Terbongkarnya kasus pemalsuan IMB berawal saat ada warga yang akan mengajukan izin HO, SIUP, dan TDP di KPPT Kabupaten Brebes. Syarat untuk pembuatan dokumen tersebut harus mengikusertakan fotokopi IMB. Namun, saat melampirkan fotokopi IMB, KPPT mencurigai ada yang memakai IBM palsu.


(UWA)