Koper Ditemukan di Lokasi Ditemukannya Puing Diduga Bagian MH370

Fajar Nugraha    •    Kamis, 30 Jul 2015 18:07 WIB
malaysia airlines
Koper Ditemukan di Lokasi Ditemukannya Puing Diduga Bagian MH370
Bagian pesawat yang diduga berasal dari Malaysia Airlines MH370 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Ditemukannya puing yang diyakini sebagai bagian dari sayap pesawat Malaysia Airlines MH370 membuka peluang harapan baru. Dilaporkan ada koper juga ditemukan tidak jauh dari puing tersebut.

Koper yang sudah rusak itu ditemukan di dekat puing bagian sayap pesawat, yang saat ini diperiksa atas hubungannya dengan pesawat MH370 tersebut.

"Benda yang tampak seperti koper, ditemukan di Samudera Hindia. Penemuan terjadi satu hari setelah ditemukannya bagian dari sayap pesawat sepanjang sekitar dua meter," laporan seorang jurnalis dari Journal de L'ile de la Reunion, seperti dikutip Market Watch, Kamis (30/7/2015).

Polisi di Pulau Reunion, Prancis menemukan bagian flaperon dari pesawat pada Rabu (29/7/2015). Ini memunculkan spekulasi bahwa bagian pesawat itu berasal dari pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines yang hingga pada 8 Maret 2014 itu.

Jika dikonfirmasi ini berasal dari MH370, maka hal itu merupakan yang penampakan pertama dari pesawat yang hilang bersama 239 penumpangnya.

Namun hingga kini belum diketahui asal dari bagian dari sayap pesawat tersebut. Proses verifikasi atas puing itu diperkirakan akan berlangsung selama dua hari.

Ahli keamanan penerbangan Xavier Tytelman mengatakan, foto dari puing itu menunjukkan kesamaan luar biasa antar flaperon Boeing 777 dengan puing yang ditemukan di Pulau Reunion. Puing itu diketahui berukuran panjang 2,7 meter dan lebar satu meter dan sepertinya sudah berada di dalam air dalam waktu lama.

Pihak biro keamanan udara Prancis (BEA) mengatakan masih mempelajadi informasi dari puing pesawat yang ditemukan di Reunion. Mereka juga terus melakukan koordinasi dengan pihak Malaysia.

Sementara Tytelman memberikan jawaban mengenai nomor BB670. "Kode ini bukan nomor registrasi pesawat atau pun nomor seri," ucap Tytelman.

Terlepas dari semua spekulasi, menurut Tytelman melalui referensi BB670 akan mempercepat proses identifikasi.


(FJR)