Ratusan Hektare Kebun Sawit Milik Pemkab Siak Terbakar

Antara    •    Kamis, 30 Jul 2015 18:31 WIB
kebakaran hutan
Ratusan Hektare Kebun Sawit Milik Pemkab Siak Terbakar
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar lahan di Kampar, Riau, 29 Juli 2015, Ant/ Rony Muharrman

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Kebakaran menghanguskan 120 hektare kebun kelapa sawit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Provinsi Riau. Hingga berita ini dibuat, api belum dapat dipadamkan.

Lokasi berada di daerah Siberuk dan masih satu kawasan dengan area milik perusahaan minyak Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako (BSP)-Pertamina Hulu.  

Lokasi kebakaran cukup jauh dari pusat kota dan harus melalui kawasan khusus perusahaan minyak yang dijaga ketat. Satu regu pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Siak masih berjibaku memadamkan api dibantu warga setempat.

Api menyebar sangat cepat karena kondisi kering ditambah hembusan angin yang kencang sehingga kebakaran turut merambat ke kebun karet milik masyarakat.

"Luas kebakaran di kebun sawit Pemda Siak sudah lebih dari 120 hektare. Kita berusaha untuk memblokir api supaya tidak meluas kemana-mana," kata Kepala BPBD Siak, Irwan Priyatna, Kamis (30/7/2015).

Ia mengatakan pasukan pemadam kebakaran terkendala dengan sumber air yang sangat terbatas. Parit yang paling dekat dari lokasi kebakaran kini dalam kondisi kering akibat kemarau.
 


(RRN)