Menkeu Ingatkan Pentingnya Pembenahan Digital Ekonomi

Antara    •    Kamis, 30 Jul 2015 18:53 WIB
kementerian keuangan
Menkeu Ingatkan Pentingnya Pembenahan Digital Ekonomi
Menteri Keuangan Bambang Sumantri Brodjonegoro. MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengingatkan tentang pentingnya pembenahan kelola digital ekonomi pada sistem-sistem pendataan dan pelayanan.

"Teknologi masih berupa barang mewah di Indonesia, namun itu harus kita kejar agar tidak tertinggal," kata Bambang ketika memberi sambutan pada peluncuran "Digital Day 2015", di Jakarta, Kamis (30/7/2015).

Ia menjelaskan bahwa apabila perlengkapan serta pelayanan ekonomi Indonesia sudah menggunakan teknologi, maka efisien dan efektivitas kinerja dapat dicapai. "Baik langsung atau tidak langsung, digital ekonomi bisa membantu perekonomian suatu negara menjadi lebih baik," katanya.

Ia mengatakan, pada 2010, menurut penelitian, Indonesia masih berada di rangking 65 dari 70 negara dalam kategori digital ekonomi. Singapura bahkan sudah memasuki sepuluh besar untuk menjadi terbaik mewakili ASEAN. "Keberhasilan suatu negara bisa dilihat dari bagaimana negara tersebut bisa memanfaatkan teknologi untuk memberi kemudahan kinerja," tuturnya.

Untuk itu, Bambang mengapresiasi "Digital Day 2015" sebagai salah satu program untuk mengenalkan, meningkatkan, dan menyebar pola pikir berbasis Teknologi Informasi (TI) baik kepada pihak internal Kementerian Keuangan maupun kepada para pemangku kepentingannya. Pameran tersebut berlangsung dari tanggal 28 Juli sampai 30 Juli 2015 bertempat di Gedung Dhanapala, Jakarta.

Partisipan Digital Day meliputi para pemangku kepentingan yang berkaitan dengan kekayaan negara seperti kementerian/lembaga, BUMN di bawah Kementerian Keuangan, PMO dari seluruh Eselon I Kementerian Keuangan, serta internal DJKN baik kepada Kanwil, Kepala KPKNL dan Kantor Vertikal wilayah Jabodetabek.



(ABD)

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

41 minutes Ago

Novanto tiba di Pengadilan Tipikor Jakarta pada pukul 09.40 WIB. Ia mengenakan kemeja putih dib…

BERITA LAINNYA