Usai Merger, BKK Brebes Siap Jadi BPR

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 30 Jul 2015 18:57 WIB
perbankan
Usai Merger, BKK Brebes Siap Jadi BPR
FOTO: MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Menghadapi Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM), seluruh Badan Kredit Kecamatan (BKK) di Brebes, Jawa Tengah, akan bertransformasi menjadi Badan Perkreditan Rakyat (BPR) pada 2016.

Direktur Umum BKK Brebes Andri Astriyanto mengatakan pihaknya menyambut baik rencana pemerintah yang mewajibkan lembaga keuangan seperti BKK harus menjadi lembaga keuangan mikro (LKM). Hal ini akan membantu penguatan modal, terutama dalam mendukung kegiatan ekonomi di tingkat kecamatan atau pedesaan.

"Badan hukum LKM bisa berupa koperasi atau perseroan terbatas (PT). Dalam aturannya jika berentuk PT diisyaratkan bahwa kepemilikan saham minimal 60 persen harus dimiliki pemerintah daerah kabupaten atau kota atau badan usaha milik desa atau kelurahan," kata Andri, Kamis (30/7/2015).

Menurutnya, hal ini yang menjadi kendala. Sebab untuk BKK, kepemilikan saham pemerintah kabupaten hanya 49 persen. Sehingga tidak memungkinan untuk menjadi LKM. Di sisi lain, dalam UU mengamanatkan harus menjadi LKM.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Brebes, Da’an Susanto menjelaskan, sebelum proses menjadi BPR, BKK se Jateng akan dimerger. Prosesnya akan berlangsung hingga Desember 2015.

"Direncanakan akhir tahun ini sudah merger dan berganti nama menjadi PD BKK Jateng, kemudian baru menuju proses transformasi menjadi BPR untuk mendapat izin dari OJK (otoritas jasa keuangan)," ungkapnya.


(AHL)