Koperasi Harus Berbenah Jelang MEA

Antara    •    Kamis, 30 Jul 2015 19:20 WIB
mea 2015
Koperasi Harus Berbenah Jelang MEA
Ilustrasi MEA (Foto: Dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Batam: Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Muhammad Sukri mengatakan koperasi terutama yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau, harus bebenah agar bisa bersaing dengan usaha negara ASEAN lainnya, pada pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di Desember 2015.

"Mau tidak mau ini harus dilakukan. Kalau tidak akan tergerus akan masuknya barang dari luar negeri. Apalagi dengan MEA ini, yang paling cepat terkena dampaknya adalah Batam, karena berdekatan dengan Singapura dan Johor-Malaysia," kata Mohammad Sukri di Batam Kepri, Kamis (30/7/2015).

Koperasi harus bisa menyesuaikan diri dan menghasilkan produk yang dapat bersaing dengan produk sejenis dari luar negeri. Begitu pula dengan pelayanan jasa koperasi, harus mampu didukung kemampuan SDM yang unggul dan profesional, menggunakan manajemen dengan standarisasi sistem yang modern.  

Ia menilai MEA dapat memberikan peluang yang bagus terhadap perkembangan koperasi dengan menembus pasar ASEAN. "Pasar produk-produk ekspor di ASEAN akan terbentuk, kemudahan mengakses modal investasi, kemudahan memperoleh barang atau jasa dari luar negeri beserta meningkatnya dunia pariwisata," kata dia.

Di sisi lain, bila koperasi tidak mampu bersaing, maka pasar nasional dan ekspor yang selama ini digarap pelaku koperasi bisa hilang. "Karena itu kami harus meningkatkan daya saing gerakan koperasi, seperti institusi koperasi dengan memperkuat idiologisasi pada anggota, penguatan kelembagaan, membangun kultur kreatif, inovatif,memperkuat jaringan kemitraan dan lain sebagainya," pungkas Sukri.


(ABD)