NPL Bank Mandiri Naik Jadi 1,01%

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 30 Jul 2015 19:27 WIB
bank mandiri
NPL Bank Mandiri Naik Jadi 1,01%
Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

‎Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mencatat tingkat Non Performing Loan (NPL) secara nett mengalami kenaikan menjadi 1,01 persen di semester I-2015 dibandingkan dengan tingkat NPL di periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar 0,81 persen.

"Sektor komersial banking yang menjadi penyumbang NPL," kata Direktur Utama Bank Mandiri Budi G Sadikin, di acara Paparan Laporan Keuangan Bank Mandiri Semester I-2015, di Gedung Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (30/7/2015).

‎Sementara itu, lanjut Budi, posisi NPL gross tercatat berada di angka 2,43 persen di akhir Juni 2014. Angka tersebut mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan posisi NPL gross di periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar 2,23 persen.

Untuk menekan posisi NPL yang telah mengalami kenaikan itu, Budi mengaku, Bank Mandiri telah mendapatkan debitur besar. Hal ini diharapkan bisa menekan tingkat NPL itu dan nantinya diharapkan tingkat NPL bisa berada di angka yang relatif terkendali.

"Akan kita coba rekalkulasi harga komoditas, biaya sekarang, cash flow seperti apa, kalau cash flow ketat, walau nyicil lancar, tapi akan kita restrukturisasi dulu," jelas dia.

Budi menambahkan, melihat situasi dan kondisi ekonomi Indonesia yang beklum pulih, diperkirakan tingkat NPL Bank Mandiri masih berpotensi mengalami peningkatan. "NPL masih bisa naik di semester II-2015, karena kondisi ekonomi belum 100 persen pulih ke posisi sebelumnya," pungkas dia.


(ABD)