International Champions Cup 2015

Kiper Berusia 16 Tahun Gagalkan Ambisi AC Milan Bekuk Real Madrid

Hilman Haris    •    Kamis, 30 Jul 2015 21:27 WIB
liga dunia
Kiper Berusia 16 Tahun Gagalkan Ambisi AC Milan Bekuk Real Madrid
AC Milan vs Real Madrid di International Champions Cup 2015, Kamis 30 Juli

Metrotvnews.com, Shanghai: Real Madrid sukses menjadi juara International Champions Cup 2015 edisi Tiongkok, Kamis 30 Juli. Los Merengues meraih gelar juara usai mengalahkan AC Milan melalui adu penalti. Situasi ini terjadi setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 90 menit. 

Walau kalah, Milan sebetulnya memulai laga dengan sangat baik. Skuat asuhan Sinisa Mihajlovic itu setidaknya mampu menguasai penguasaan bola pada 10 menit awal babak pertama. Bahkan, Milan nyaris unggul pada menit ke-10 setelah bek Luca Antonelli melakukan gebrakan dari sisi kiri. Beruntung bagi Madrid, bola sepakan Antonelli tak masuk ke gawang usai disapu oleh Pepe.

Madrid mulai menemukan ritme permainan setelah kejadian itu. Beberapa kali kombinasi Karim Benzema, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo mampu merepotkan pertahanan I Rossoneri yang dikomandoi oleh Alex. Tapi karena Ronaldo dkk terburu-buru menyelesaikan peluang, gol yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang.

Pertandingan memanas pada 15 menit akhir babak pertama. Pemain di kedua tim ragu untuk melakukan tekel-tekel keras saat situasi perebutan bola. Situasi ini membuat laga beberapa kali harus dihentikan karena sejumlah pemain Milan dan Madrid harus mendapat perawatan. 

Striker I Rossoneri, M'Baye Niang salah satu pemain yang mendapat tekel keras pada babak pertama. Usahanya untuk mencetak gol harus berakhir dengan rasa sakit di bagian lutut. Penyerang yang dipinjamkan ke Genoa pada musim lalu itu berbenturan dengan Pepe dan kiper Keylor Navas ketika berusaha menusuk ke dalam kotak penalti. Meski meringisi kesakitan, Niang tetap berusaha melanjutkan pertandingan.

Pelatih kedua tim memutuskan untuk mengganti sejumlah pemain pada babak kedua. Di kubu Milan, Niang, Alex, Alessio Cerci, Andrea Poli, Andrea Bertolacci, Suso, dan Rodrigo Ely ditarik keluar. Sebagai gantinya, Mihajlovic memasukkan Carlos Bacca, Philippe Mexes, Luiz Adriano, Riccardo Montolivo, Jose Mauri, Keisuke Honda, dan Cristian Zapata.

Sementara itu pelatih Madrid, Rafael Benitez, menarik keluar Karim Benzema, Raphael Varane, Lucas Vazquez, dan Luka Modric. guna memberikan kesempatan kepada Jese Rodriguez, Sergio Ramos, Isco, dan Toni Kroos unjuk gigi.

Perubahan ini mengubah skema permainan kedua tim. Keberadaan Bacca dan Luiz Adriano membuat serangan Milan makin menggigit. Beberapa kali mereka sukses membahayakan gawang Madrid lewat kombinasi dengan sejumlah gelandang seperti Keisuke Honda, Montolivo, dan Mauri.

Milan kembali mendapat peluang emas mencetak gol pada menit ke-73. Ketika itu, Bacca yang tak terkawal di dalam kotak penalti melepaskan sepakan keras ke arah gawang. Tapi gol tak terjadi lantaran bola ditepis dengan susah payah oleh kiper Madrid, Casilla.

Kedua tim berusaha mencetak gol pada sisa laga. Tapi, performa bek yang tampil impresif menggagalkan para penyerang Milan dan Madrid untuk mengubah kedudukan. Skor 0-0 akhirnya bertahan hingga 90 menit sehingga laga harus dilanjutkan ke babak penalti.

Dewi fortuna lebih menaungi Madrid pada babak ini. Dari 11 penendang, hanya satu gagal yang melakukan tugas. Sebaliknya, Milan gagal dua kali setelah sepakan Bacca melebar dan tembakan kiper berusia 16 tahun, Gianluigi Donnarumma  diblok oleh Casilla.

Madrid akhirnya memenangkan pertandingan dan menjadi juara International Champions Cup 2015 edisi Tiongkok. 

Penendang penalti
Real Madrid
James (gol)
Marcelo (gol)
Casemiro (gol)
Ramos (gol)
Kroos (gagal)
Carvajal (gol)
Nacho (gol)
Cheryshev (gol) 
Isco (gol)
Jese (gol)
Cassila (gol)

AC Milan
De Jong (gol)
Matri (gol)
Bacca (gagal)
Honda (gol)
Luiz Adriano (gol)
Montolivo (gol)
Zapata (gol)
Jose Mauri (gol)
Calabria (gol)
Palletta (gol)
Donnarumma (gagal)


(HIL)