Malaysia Airlines MH370

Puing yang Ditemukan Mungkin Tak Mampu Ungkap Misteri MH370

Fajar Nugraha    •    Jumat, 31 Jul 2015 09:59 WIB
malaysia airlines
Puing yang Ditemukan Mungkin Tak Mampu Ungkap Misteri MH370
Pesawat Boeing 777 yang biasa digunakan Malaysia Airlines (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Penemuan bagian sayap pesawat yang diduga berasal dari Malaysia Airlines MH370 membuka kemungkinan baru nasib pesawat itu. Namun dikhawatirkan puing itu belum bisa membantu penyelidikan nasib MH370.

Setidaknya ini ada pada pemikiran Koordinator the US National Oceanic and Atmospheric Administration's, Nir Barnea. Hal ini didasarkan dari penelitian atas tsunami Jepang 2011.

Kesimpulan itu menyebutkan, amat tidak mungkin untuk meneliti benda yang sudah masuk ke dalam air demi menentukan lokasi asalnya.

"Penemuan ini bisa memberikan petunjuk mengenai kondisi pesawat saat hilang bersama 239 penumpangnya. Tetapi sepertinya sulit untuk menentukan zona pencarian baru dari Boeing 777 tersebut," ujar Nir, seperti dikutip Sidney Morning Herald, Jumat (31/7/2015).

"Arus bisa membentuk dua arah berbeda di wilayah terpencil. Dua benda yang masuk ke dalam laut di waktu bersamaan di lokasi yang sama bisa menyebar lebih jauh hingga mereka berakhir di lokasi yang berjauhan," imbuh Nir.

Hingga saat ini verifikasi terhadap bagian sayap itu masih terus dilakukan. Diperkirakan proses verifikasi ini akan berlangsung selama dua hari.

Polisi di Pulau Reunion, Prancis menemukan bagian flaperon dari pesawat pada Rabu (29/7/2015). Ini memunculkan spekulasi bahwa bagian pesawat itu berasal dari pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines yang hingga pada 8 Maret 2014 itu.

Jika dikonfirmasi ini berasal dari MH370, maka hal itu merupakan yang penampakan pertama dari pesawat yang hilang bersama 239 penumpangnya.

Pihak biro keamanan udara Prancis (BEA) mengatakan masih mempelajadi informasi dari puing pesawat yang ditemukan di Reunion. Mereka juga terus melakukan koordinasi dengan pihak Malaysia.
 


(FJR)