Tabrak Kapal Motor, Kapal Tanker MT Navagog Diburu Polisi

Thomas Harming Suwarta    •    Jumat, 31 Jul 2015 11:03 WIB
tabrakan kapal
Tabrak Kapal Motor, Kapal Tanker MT Navagog Diburu Polisi
Ilustrasi Kapal Tanker----MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah kapal tanker diduga bernama MT Navagog terus diburu polisi. Kapal tersebut melarikan diri usai menabrak sebuah kapal nelayan KM Segimas di titik koordinat 04 23 950 LS, 110 23 850 BT, Senin, 27 Juli, lalu.

"Kapal tanker yang dimaksud tersebut sedang kami cari, karena setelah kejadian dia langsung kabur. Perkiraan ke Surabaya atau Semarang berangkat dari Tanjung Priok," kata Kasubdit Gakkum Pol Air Baharkam Mabes Polri, Komisaris Besar Fredrik Kalalembang di Markas Dit Pol Air Baharkam Mabes Polri, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (31/7/2015).

Insiden tabrak lari di perairan itu terjadi Senin pagi, sekitar 10.40 WIB. Dalam kejadian tersebut, seorang ABK kapal tewas, tiga lainnya hilang, dan delapan luka-luka. Kapal yang ditabrak adalah KM Segimas yang saat itu tengah mencari cumi-cumi. KM Segimas pun hancur berantakan.

"Satu orang tewas. Sedangkan tiga orang hilang dan delapan lainnya selamat. Semua yang ada kapal KM Segimas adalah warga Indramayu. Korban yang tewas pun sudah dilarikan ke RSCM untuk diotopsi," jelas Fredrik.

Terkait nama kapal, kata Fredrik, pihaknya belum bisa memastikan dengan benar. Sebab, polisi hanya bisa mengandalkan laporan dari nahkoda kapal KM Segimas yang menjadi korban tabrakan.

"Itu juga nahkodanya lihat sambil terpental ke laut saat ditabrak. Tapi dia pastikan kira-kira antara 'Navagog' atau 'Navogog' terus warnanya hitam merah. Sekarang sedang kita cari," beber Fredrik.

Selain menurunkan sejumlah kapal patroli, pihaknya juga sudah mengirimkan informasi ke Polair sejumlah Polda untuk ikut membantu, termasuk berkoordinasi dengan pihak Syahbandar.

"Sekarang kita sedang menunggu laporannya. Toh kalau dia benar ke Surabaya atau Semarang harusnya sudah sampai tapi belum ada laporan. Makanya kita masih terus lakukan pemburuan," tegas Fredrik.

Insiden tabrak lari itu baru diketahui polisi Kamis, 30 Juli, kemarin. Sebab, laporan kejadian baru masuk kemarin. Dari keterangan yang dihimpun polisi, Kapal Tanker MR Navagoh disebut menabrak KM Segimas di Perairan Laut Jawa, di titik koordinat 04 23 950 LS, 110 23 850 BT, Senin lalu, sekitar 10.40 WIB. Kejadian tersebut menyebabkan satu orang tewas, bernama Hermanto, warga Indramayu.

Sebelum ditabrak, korban di KM Segimas tengah tertidur lelap lantaran usai mencari cumi-cumi pada malam harinya. Saat itulah melintas MT Navagoh dan menabrak bagian belakang KM Segimas yang dinakhodai Darno. Sehingga semua orang yang ada di dalam KM Segimas pun terpental ke laut.


(TII)