Harga BBM Agustus Tetap

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 31 Jul 2015 11:34 WIB
kenaikan harga bbm
Harga BBM Agustus Tetap
Ilustrasi -- FOTO: MI/ARYA MANGGALA

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah memastikan harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) Agustus akan tetap seperti harga yang berlaku saat ini. Meski diketahui dolar semakin kuat dan PT Pertamina (Persero) mengalami kerugian cukup besar.

"Rasanya enggak ada (perubahan harga). Kalaupun ada evaluasi pada 1 Agustus nanti cuma statement saja bahwa tidak ada penurunan atau kenaikan. Angkanya saya tidak tahu, besok (hari ini) kita akan bicara dengan Menteri ESDM," kata Menko Perekonomian Sofyan Djalil di kantornya, Kamis (30/7/2015) malam.

Dirinya menjelaskan, saat ini harga BBM yang berlaku merupakan harga keekonomian, di mana prinsip harga jualnya bergantung pada harga internasional dan kurs. Memang evaluasi bisa dilakukan setiap satu bulan sekali atau bahkan dua kali.

Sofyan menganggap meski kusrs rupiah melemah atas penguatan dolar Rp13.400 per USD membuat Pertamina menanggung kerugian Rp12 triliun, namun kan harga minyak dunia sedang turun di angka USD40-an per barel. Sehingga saling menutupi.

"Iya, ya, ya.. tapi kan ada penurunan crude internasional. Jadi kan kombinasi, penurunan harga crude, pelemahan rupiah, ada kerugian yang artinya kemarin kita tidak mengikuti harga pasar sepenuhnya. Maka ini perlu dikompensasi," jelas dia.


(AHL)

Menanti Vonis Setya Novanto

Menanti Vonis Setya Novanto

46 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto akan menjalani sidang putusan atau vonis di Pengad…

BERITA LAINNYA