Malaysia Airlines MH370

Koper Ditemukan dekat Puing Diduga Bagian MH370, Hanya Sampah

Fajar Nugraha    •    Jumat, 31 Jul 2015 11:40 WIB
malaysia airlines
Koper Ditemukan dekat Puing Diduga Bagian MH370, Hanya Sampah
Johnny Begue yang menemukan koper dan puing pesawat (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Saint Andrea: Penemuan sisa koper yang berada di lokasi penemuan bagian sayap yang diduga berasal dari MH370, ternyata tidak lebih sebagai sampah.

Koper dalam kondisi rusak parah tersebut saat ini tengah diperiksa apakah memiliki kaitan dengan pesawat Malaysia Airlines MH370. Namun banyak yang menilai koper itu tidak lebih dari sampah yang berada di laut.

Benda berupa koper itu ditemukan bersamaan dengan puing pesawat di Pulau Reunion. Koper dan puing pesawat tersebut diambil petugas kebersihan pantai Johnny Begue, bersama dengan timnya.

"Ini bisa saja hanya sampah dan dalam temuan, koper itu tidak berada di laut dalam waktu lama," ujar Juru Bicara Deputi Perdana Menteri Australia, seperti dikutip 9News, Jumat (31/7/2015).

"Tetapi temuan ini tetap akan diperiksa," lanjutnya.

Begue diketahui tengah membersihkan sampai di Pantai Reunion ketika menemukan puing sayap pesawat dan koper itu. Mereka menarik kedua benda tersebut dari laut.

Menurut Begue, tidak ada yang menyadari koper itu karena bersamaan dengan penemuan bagian sayap pesawat.

Penemuan bagian flaperon dari pesawat ini terjadi pada Rabu (29/7/2015). Ini memunculkan spekulasi bahwa bagian pesawat itu berasal dari pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines yang hingga pada 8 Maret 2014 itu.

Jika dikonfirmasi ini berasal dari MH370, maka hal itu merupakan yang penampakan pertama dari pesawat yang hilang bersama 239 penumpangnya.

Namun hingga kini belum diketahui asal dari bagian dari sayap pesawat tersebut. Proses verifikasi atas puing itu diperkirakan akan berlangsung selama dua hari.
 


(FJR)