Atasi Kekeringan, Jokowi Bagi-bagi Pompa Air

Desi Angriani    •    Jumat, 31 Jul 2015 14:22 WIB
kekeringan
Atasi Kekeringan, Jokowi Bagi-bagi Pompa Air
Gagal panen karena Kekeringan---Ant/Saiful Bahri

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebar ribuan pompa air ke sejumlah wilayah Indonesia. Pembagian pompa itu untuk mengatasi kekeringan dan musim kemarau panjang yang diprediksi membikin 200 ribu hektare lahan pertanian gagal panen.

"Memang alam seperti itu, tetapi saya kira Menteri Pertanian sudah keliling terus ke seluruh wilayah untuk bagi-bagi pompa ke daerah yang butuh air," kata Jokowi seusai membuka Munas VIII HKTI, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (31/7/2015)

Untuk mengatasi kekeringan jangka panjang, Jokowi mengatakan, sudah menginstruksikan pembangunan ribuan waduk dan embung. Waduk itu akan digunakan untuk menampung cadangan air.

"Dalam jangka panjang kita akan bangun waduk dan embung. Biar kecil-kecil tapi kita bangun di semua tempat," ungkap dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mencontohkan, kekeringan yang kerap melanda Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak pernah dibarengi dengan pembangunan waduk baru di daerah tersebut.

"Kita akan bangun 7 waduk di sana. Salah satu yang akan dibangun Waduk Raknamo. Sudah dimulai pembangunannya sejak Desember 2014," beber dia.

"Kuncinya kekeringan itu ya ada tampungan air. Kalau tidak ada itu mau menanam apa," kata dia.


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA