Taliban Puji Mullah Mansour sebagai Pemimpin Baru

Fajar Nugraha    •    Jumat, 31 Jul 2015 14:39 WIB
taliban
Taliban Puji Mullah Mansour sebagai Pemimpin Baru
Kelompok Taliban beroperasi di Pakistan dan Afghanistan (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kabul: Kelompok Taliban Afghanistan memuji pemimpin baru kelompok militan yang baru terpilih, Mullah Mohammad Akhtar Mansour.

Taliban menyebutkan Mullah Mansour sebagai rekan terpercaya dari mantan pemimpin Taliban Mullah Mohammad Omar. Mullah Omar sendiri diumumkan meninggal oleh Taliban pada Kamis (30/7/2015).

"Mullah Mohammad Akhtar juga diberikan gelar Komandan Terpercaya," sebut pernyataan Taliban, seperti dikutip Associated Press, Jumat (31/7/2015).

Gelar tersebut sebelumnya juga disematkan kepada Mullah Omar. Melalui gelar ini, sosok Mullah Mansour dianggap setara dengan Mullah Omar.

Selama beberapa tahun, Mansour dianggap sebagai tokoh utama operasi yang dilakukan Taliban.

Selama ini, Mansour dikenal memimpin Dewan Syura Quetta. Dewan tersebut berisi para pemimpin lama, yang mengarahkan operasi Taliban dari Provinsi Balochistan, Pakistan.

Berdasarkan daftar sanksi Dewan Keamanan PBB, Mansour sebelumnya menjabat sebagai Menteri Penerbangan Sipil dan Transportasi Taliban. Selama ini sosoknya dianggap sebagai anggota berpengaruh dalam Taliban.

Sebagai seorang pemimpin, Mansour dikenal sebagai orang yang aktif merekrut anggota baru untuk bergabung melawan Pemerintah Afghanistan. Sebelum penunjukkannya sebagai wakil dari Mullah Omar pada 2010, Mansour sempat menjadi Kepala Urusan Militer di wilayah operasi Provinsi Helmand dan Nimruz.

 


(FJR)